Daftar Objek Wisata Kota Payakumbuh untuk Liburan Lebaran 2024

oleh -330 Dilihat
Kota Payakumbuh. [Foto: Tangkapan layar YouTube]

Payakumbuh, Kabapedia.com – Mau liburan Lebaran Idul Fitri 2024: Yuk cek dulu data daftar lengkap objek wisata di Kota Payakumbuh berikut ini.

Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 tinggal hitungan hari. Nah, dari pada pusing mau berlibur Lebaran ke mana, ada baiknya Anda cek dulu daftar destinasi objek wisata yang ada.

Khusus untuk Kota Payakumbuh total terdapat 21 destinasi objek wisata yang bisa Anda jadikan pilihan untuk berlibur. Dari pada penasaran, yuk simak ulasan Kabapedia.com kali ini hingga akhir.

Kota Payakumbuh ternyata memiliki jenis objek wisata yang beragam. Payakumbuh, daerah yang dulunya ibu kota Kabupaten Limapuluh Kota ini memiliki total 21 destinasi objek wisata.

Kota Payakumbuh terletak di daerah dataran tinggi, yang merupakan bagian dari Bukit Barisan. Berada pada hamparan kaki Gunung Sago, bentang alam kota ini memiliki ketinggian yang bervariasi.

Topografi daerah kota ini terdiri dari perbukitan dengan rata-rata ketinggian 514 m di atas permukaan laut. Wilayahnya dilalui oleh tiga sungai, yaitu Batang Agam, Batang Lampasi dan Batang Sinamar. Suhu udaranya rata-rata berkisar antara 26 °C dengan kelembaban udara antara 45–50%.

Payakumbuh berjarak sekitar 30 km dari Kota Bukittinggi atau 120 km dari Kota Padang dan 188 km dari Kota Pekanbaru.

Wilayah administratif kota ini dikelilingi oleh Kabupaten Lima Puluh Kota. Dengan luas wilayah 80,43 km² atau setara dengan 0,19% dari luas wilayah Sumbar, Payakumbuh merupakan kota terluas ketiga di Sumbar.

Kota ini pernah menjadi kota terluas pada tahun 1970, sebelum perluasan wilayah administratif Kota Padang dan Kota Sawahlunto.

Nah bicara objek wisata Kota Payakumbuh, 21 destinasi yang ada terdiri dari 8 wisata budaya, 6 wisata alam, 3 wisata tirta, 2 wisata sejarah dan 1 wisata kuliner. Berikut rangkuman Kabapedia.com dari data resmi terbaru Dinas Pariwisata Sumbar.

Data Objek Wisata Kota Payakumbuh

1. Ngalau Indah – Wisata Alam
2. Panorama Ampangan – Wisata Alam
3. Puncak Marajo – Wisata Alam
4. Kolam Renang – Wisata Alam
5. Bukik Panjang/Patah Sambilan – Wisata Alam
6. Jembatan Ratapan Ibu – Wisata Sejarah
7. Makam Pejuang – Wisata Sejarah
8. Masjid Tuo Koto Nan Ampek (Masjid Gadang) – Wisata Budaya
9. Rumah Gadang Tuanku Nan Chedoh atau Rumah Gadang Regent – Wisata Budaya
10. Tugu Bukik Sibaluik – Wisata Budaya

No More Posts Available.

No more pages to load.