Destinasi Libur Lebaran!! Ini Daftar 40 Objek Wisata Kota Padang

oleh -289 Dilihat
Keindahan Pantai Padang, salah satu objek wisata andalan Kota Padang, Sumbar. [Foto: dispar.sumbarprov.go.id]

Padang, Kabapedia.com – Cocok buat destinasi libur Lebaran Idul Fitri 2024, berikut informasi daftar lengkap 40 objek wisata Kota Padang, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar). Yuk simak ulasan Kabapedia.com berikut hingga akhir.

Selain dikenal sebagai kota metropolitan di Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), ternyata Kota Padang juga menyimpan banyak objek wisata. Ada beragam destinasi objek wisata di kota ini, jumlahnya bahkan mencapai 40 destinasi.

Baca juga:

Kota Padang adalah kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatra, sekaligus ibu kota Provinsi Sumbar, Indonesia. Kota ini adalah pintu gerbang Barat Indonesia dari Samudra Hindia.

Secara geografi, Padang dikelilingi perbukitan yang mencapai ketinggian 1.853 mdpl dengan luas wilayah 693,66 km², lebih dari separuhnya berupa hutan lindung. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2021, kota ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 909.040 jiwa.

Sejarah Kota Padang tidak terlepas dari peranannya sebagai kawasan rantau Minangkabau, yang berawal dari perkampungan nelayan di muara Batang Arau lalu berkembang menjadi bandar pelabuhan yang ramai setelah masuknya Belanda di bawah bendera Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC).

Hari jadi kota ditetapkan pada 7 Agustus 1669, yang merupakan hari penyerangan loji Belanda di Muara Padang oleh masyarakat Pauh dan Koto Tangah. Semasa penjajahan Belanda, kota ini menjadi pusat perdagangan emas, teh, kopi, dan rempah-rempah.

Saat ini, infrastruktur Kota Padang telah dilengkapi oleh Bandar Udara Internasional Minangkabau serta jalur kereta api yang terhubung dengan kota lain di Sumatra Barat.

Nah bicara objek wisata, dari 40 jumlah destinasi di Kota Padang sebanyak 29 di antaranya merupakan objek wisata alam, selanjutnya 12 wisata pantai atau wisata bahari. Berikut data objek wisata Kota Padang yang dihimpun Kabapedia.com dari Dinas Pariwisata Sumbar.

Data Objek Wisata Kota Padang

1. Gunung Padang –Wisata Alam
2. Taman Hutan Raya Bung Hatta –Wisata Alam
3. Pemandian Aie Dingin Lubuk Minturun –Wisata Alam
4. Lubuk Paraku –Wisata Alam
5. Air Terjun Tiga Tingkat –Wisata Alam
6. Agro Wisata Sungai Lareh –Wisata Alam
7. Pemandian Lori –Wisata Alam
8. Sungai Pisang –Wisata Alam
9. Bukit Nobita –Wisata Alam
10. Bukit Gado-gado –Wisata Alam
11. Gunung Meru –Wisata Alam
12. Panorama Batu Busuk –Wisata Alam
13. Pemandian Alam Surga –Wisata Alam
14. Air Terjun Sikayan Balumuik –Wisata Alam
15. Lubuk Timbulun –Wisata Alam
16. Wisata Rumah Bagau –Wisata Alam
17. Lubuk Tampurung –Wisata Alam
18. Gua Kalelawar –Wisata Alam
19. Air Sarasah Banyak Gariang –Wisata Alam
20. Gunung Pangilun –Wisata Alam

No More Posts Available.

No more pages to load.