Fakta Menarik Alahan Panjang, Swiss-nya Tanah Minang

oleh -401 Dilihat
Potret keindahan Danau Diatas yang terletak di Nagari Alahan Panjang, Kabupaten Solok, Sumbar. [Foto: Dok. Ist]

Solok, Kabapedia.com – Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) memiliki banyak pesona alam yang menakjubkan, salah satunya adalah Alahan Panjang, sebuah desa wisata yang terletak di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok. Desa ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan sejuk, sehingga sering disebut sebagai Swiss-nya Tanah Minang.

Berikut tim Kabapedia.com sajikan seputar fakta menarik Alahan Panjang salah satu objek wisata Sumbar, yang kerap dijuluki sebagai Swiss-nya Tanah Minang. Yuk simak hingga akhir.

Keunikan Danau Kembar

Potret keindahan Danau Dibawah bersama Danau Diatas, yang merupakan bagian dari Danau Kembar di Kabupaten Solok. [Foto: Dok. Ist]
Salah satu daya tarik utama Alahan Panjang adalah Danau Kembar, yaitu dua danau yang berdekatan, namun memiliki karakteristik yang berbeda yakni: Danau Diatas dan Danau Dibawah. Danau Diatas memiliki luas sekitar 12,4 km persegi dengan kedalaman maksimal hanya 44 meter, sedangkan Danau Dibawah memiliki luas sekitar 11,2 km persegi dengan kedalaman mencapai 844 meter, menjadikannya salah satu danau terdalam di Indonesia.

Danau kembar ini terbentuk akibat aktivitas vulkanik zaman prasejarah yang kemudian berkembang menjadi danau dengan seiring berjalannya waktu. Kedua danau ini hanya dipisahkan oleh bukit dengan lebar sekitar 300 meter, sehingga mudah dijangkau dengan berjalan kaki atau kendaraan.

Di Danau Diatas, pengunjung dapat menyewa perahu lokal untuk menjelajahi danau atau mencoba kegiatan outbound. Di sini, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan Gunung Talang yang masih aktif, terutama pada pagi hari saat kabut tipis menyelimuti puncak gunung.

Di Danau Dibawah, pengunjung dapat melihat mitos naga yang konon hidup di danau ini. Menurut cerita rakyat setempat, ada seekor naga yang tinggal di danau ini dan sering muncul saat ada upacara adat. Naga ini dianggap sebagai penjaga danau dan sumber keberkahan bagi masyarakat sekitar.

Keindahan Green Camping

Glamping Sky Lake Park Alahan Panjang, Kabupaten Solok. [Foto: Dok. Ist]
Selain danau kembar, Alahan Panjang juga memiliki destinasi wisata alam yang keren yakni Green Camping atau yang dikenal dengan ‘Campicnic’. Tempat ini menawarkan panorama alam yang mirip Swiss, dengan pohon pinus yang tumbuh berjejer di pinggir danau dan rumput hijau yang membentang luas.

Green Camping ini sangat cocok bagi pencinta alam dan suka berkemah, karena di sini pengunjung dapat menyaksikan langsung keindahan danau atas dan pesona Gunung Talang. Tempat ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, seperti toilet, kamar mandi, musala, dan emergency room.

Di sini, pengunjung juga dapat menikmati sunset pada sore hari, serta malam hari yang indah dengan cahaya lampu-lampu kota. Tempat ini sangat ramai dikunjungi pada saat akhir pekan dan akhir tahun, bahkan banyak juga yang mengabadikan momen mereka dengan latar keindahan alamnya.

Kesejukan Kebun Teh

Keindahan alami pemandangan Kebun Teh Alahan Panjang. [Foto: Dok. Kabapedia.com]
Tidak lengkap rasanya berkunjung ke Alahan Panjang tanpa melihat kebun teh yang menjadi salah satu sumber penghasilan utama penduduk di sini. Kebun teh ini terletak di ketinggian 1.400 hingga 1.600 mdpl, dengan suhu udara yang berkisar antara 19 sampai 21 derajat Celsius.

Kebun teh ini memiliki luas sekitar 1.000 hektar, dan merupakan salah satu kebun teh tertua di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1925. Di sini, pengunjung dapat melihat proses pembuatan teh, mulai dari pemetikan, pengeringan, penggilingan, hingga pengepakan.

Pengunjung juga dapat menikmati secangkir teh hangat sambil menikmati pemandangan kebun teh yang hijau dan asri. Kebun teh ini juga menjadi tempat yang cocok untuk berfoto-foto, karena memiliki latar belakang yang cantik dan instagramable.

Cara Menuju Alahan Panjang

Untuk menuju Alahan Panjang, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum dari Kota Padang. Jarak tempuh ke tempat ini dari Kota Padang sekitar 65 km dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung dapat mengambil jalur Padang-Solok dan mengikuti arah menuju Alahan Panjang. Jika menggunakan angkutan umum, pengunjung dapat naik bus jurusan Padang-Solok dan turun di Terminal Solok, kemudian naik angkutan desa menuju Alahan Panjang.

Baca juga:

Alahan Panjang adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi para pecinta alam yang ingin merasakan suasana yang berbeda dari kebanyakan tempat wisata di Indonesia. Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang mirip Swiss, dengan danau, gunung, pohon pinus, dan kebun teh yang mempesona. Tidak heran jika Alahan Panjang dijuluki sebagai Nagari Dingin Tanpa Salju. [isr]

 

Ikuti Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.