Kurash Buka Peluang Sumbar Dulang Emas PON 2024

oleh -639 Dilihat
Pengurus cabang olahraga (Cabor) Kurash Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) gelar Musyawarah Provinsi Luar Biasa di Padang, Selasa (9/1/2024). [Foto: Dok. Ist]

Padang, Kabapedia.com – Pengurus cabang olahraga (Cabor) Kurash Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) gelar Musyawarah Provinsi Luar Biasa di Padang, Selasa (9/1/2024). Acara tersebut dihadiri Ketua KONI Sumbar yang diwakili bidang Organisasi Rozi Rabani SH dan Erwin Pribadi dan pengurus Kurash.

Vembi Fernando, selaku PLT Ketua Kuras penerima mandat Kurash Pusat mengatakan, kurash merupakan salah cabor yang dipertandingkan di PON Aceh dan Sumut 2024 mendatang.

Diketahui, kurash adalah salah satu jenis olahraga bela diri tradisional yang berasal dari Uzbekistan. Vembi membeberkan, potensi Sumbar untuk mendapatkan emas dari cabor kurash sangat besar. Hal ini didasari suksesnya beberapa atlet cabor tersebut lolos ke PON, saat melakoni event pra-PON.

Musyawarah Luar Biasa Kurash dibuka oleh Ketua KONI Sumbar yang diwakili oleh Erwin. Dia dalam sambutannya berharap agar Kurash Sumbar dapat meraih emas pada PON 2024.

Hasil Musyawarah Luar Biasa Kurash Sumbar melahirkan Faisal Budiman sebagai Ketua Kurash Sumbar. Dia melanjutkan kepengurusan periode sebelumnya 2021-2025 setelah ditunjuk oleh penerima mandat beberapa Pengcab Kurash.

Faisal Budiman mengatakan, Kurash adalah salah satu seni beladiri secara terlatih tertua di dunia, hal ini juga diceritakan oleh penjelajah Marco Polo saat melintasi jalur sutra dalam catatan perjalanannya.

Baca juga: 

Kurash berasal dari kata Uzbek yang memiliki arti mencapai tujuan dengan hanya atau cara yang adil. Kurash adalah jenis olahraga beladiri yang memiliki gerakan dasar saling membanting dengan mengaitkan baju khusus. Olahraga Kurash berasal di wilayah Tatarstan Asia Tengah atau yang sekarang dikenal dengan wilayah Uzbekistan. [isr]

 

Ikuti Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.