Timnas Indonesia dan Shin Tae-yong Disorot Media Korea Selatan

oleh -688 Dilihat
Laga timnas Indonesia vs Korea Selatan di babak perempat final Piala Asia U23 yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar. [Foto: Dok. Ist]

Doha, Kabapedia.com – Pada hari Jumat, 26 April 2024, dunia sepak bola dihebohkan oleh kemenangan timnas Indonesia atas Korea Selatan di babak perempat final Piala Asia U23 yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar.

Timnas Indonesia, yang dipimpin oleh pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, berhasil mengalahkan Korea Selatan dengan skor 11-10 dalam babak adu penalti. Kemenangan ini tidak hanya membawa timnas Indonesia melaju ke babak semifinal Piala Asia U23, tetapi juga memupus harapan Korea Selatan untuk meraih tiket Olimpiade Paris 2024.

Baca juga:

Ironisnya, kegagalan Korea Selatan ini terjadi di tangan timnas yang dipimpin oleh pelatih asal negara mereka sendiri, Shin Tae-yong. Shin Tae-yong, yang juga merupakan mantan pemain Seongnam Ilhwa (sekarang Seongnam FC), dikenal memiliki permainan yang cerdas dan taktik sepak bola yang baik. Keahliannya dalam bermain taktik sepak bola membuatnya mendapatkan julukan sebagai fox atau rubah tanah.

Media Korea, Nate, dalam artikelnya, mengulas taktik Shin Tae-yong dan menyebutnya sebagai pelatih sepak bola Korea terbaik. Kehebatan Shin Tae-yong juga diakui oleh pelatih Korea Selatan U23, Hwang Seon-hong. Sebelum pertandingan Indonesia melawan Korea Selatan, Hwang Seon-hong mengatakan, kelebihan timnas Indonesia adalah memiliki pelatih Shin Tae-yong.

Kemenangan ini menjadi bukti bahwa Shin Tae-yong mampu membawa timnas Indonesia meraih prestasi di kancah internasional. Dengan strategi dan taktik yang jitu, Shin Tae-yong berhasil membawa timnas Indonesia melaju ke babak semifinal Piala Asia U23 dan berpeluang meraih tiket Olimpiade Paris 2024.

Rekam Pertemuan Timnas Indonesia vs Korea Selatan

Timnas Indonesia U23 dan Korea Selatan U23 sebelumnya sudah pernah bertemu satu kali dalam laga kualifikasi Piala Asia U-23 2016. Saat itu, Korea Selatan yang masih diasuh oleh Shin Tae-yong mampu menang dengan skor telak 4-0.

Namun, di balik antusiasme dan semangat yang berkobar, ada fakta yang cukup mencolok: Garuda Muda belum pernah meraih kemenangan melawan Taeguk Warriors. Meskipun demikian, dalam sepak bola, segala sesuatu bisa terjadi. Motivasi tinggi, persiapan matang, dan semangat juang yang tak kenal lelah bisa menjadi kunci bagi Garuda Muda untuk mengubah takdir dan mencatatkan kemenangan pertama mereka melawan Korea Selatan.

Jika melihat sejarah pertemuan di level senior, Timnas Indonesia juga belum mampu menciptakan kejutan yang signifikan. Dari total 57 pertemuan sejak 1953, Korea Selatan mampu memenangkan 43 pertandingan, sementara Indonesia hanya berhasil meraih enam kemenangan dan sisanya berakhir imbang. Duel terakhir antara kedua tim tersaji pada Piala Asia 2007, di mana Skuad Garuda harus menyerah dengan skor tipis 0-1.

Rekor pertemuan yang tidak menguntungkan bagi Timnas Indonesia U23 ini tentu menjadi pekerjaan rumah yang besar bagi pelatih Shin Tae-yong dan para pemainnya.

Ranking FIFA Timnas Indonesia U23 Vs Korea Selatan U23

Timnas Indonesia U23 saat ini berada di peringkat 134 FIFA dengan total poin sebesar 1102,7. Meski berada di peringkat yang cukup jauh, Timnas Indonesia U23 telah menunjukkan penampilan yang mengesankan di Piala Asia U23 2024 dengan berhasil melaju ke babak perempat final.

Di sisi lain, Timnas Korea Selatan U23 berada di peringkat yang lebih tinggi, yaitu peringkat 23 FIFA dengan total poin sebesar 1569,99. Korea Selatan dikenal dengan stabilitas mereka dalam peringkat FIFA dan telah menunjukkan penampilan gemilang di berbagai kompetisi internasional.

Baca juga:

Namun, perlu diingat bahwa peringkat FIFA bukanlah satu-satunya indikator utama untuk menilai kekuatan kedua tim. Ada banyak faktor lain yang juga perlu dipertimbangkan, seperti strategi, formasi, dan kondisi pemain. [isr]

 

Ikuti Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.