Microsoft Luncurkan Phi-3 Mini, Inovasi AI Ringkas dengan Performa Maksimal

oleh -281 Dilihat
Logo Microsoft. [Foto: Dok. unsplash]

Jakarta, Kabapedia.com – Microsoft, pemimpin global dalam teknologi, baru saja memperkenalkan produk terbaru mereka dalam dunia kecerdasan buatan (AI) open source, yaitu Phi-3.

Phi-3 dirancang dengan tujuan utama untuk menciptakan model AI berukuran kecil yang dikenal sebagai Small Language Models (SLMs). SLMs adalah model AI yang dilatih dengan jumlah parameter yang lebih sedikit, sehingga lebih ringkas dan efisien.

Baca juga:

Model pertama yang dirilis dalam seri Phi-3 adalah Phi-3 Mini. Meski hanya dilatih dengan 3,8 miliar parameter, jumlah yang relatif kecil, Phi-3 Mini mampu mengungguli performa model-model lain yang seukuran, bahkan model yang setingkat lebih besar. Keunggulan ini tercapai berkat inovasi dan optimalisasi dalam proses pelatihan model.

Phi-3 Mini menunjukkan kemampuan yang luar biasa. Dalam berbagai tes standar industri, Phi-3 Mini mampu mengalahkan model seukurannya hingga yang dua kali lebih besar. Tes tersebut meliputi tugas-tugas, seperti pemrosesan bahasa, logika, pemrograman, dan matematika.

Keunggulan terbesar Phi-3 Mini adalah efisiensi komputasinya. Berkat ukurannya yang ringkas, model ini dapat dijalankan dengan lancar, bahkan pada perangkat dengan sumber daya terbatas, seperti ponsel atau komputer murah.

Baca juga:

Cara ini tentunya membuka peluang pemanfaatan AI secara lebih luas, termasuk dalam situasi di mana koneksi internet tidak selalu tersedia. [isr]

 

Ikuti Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.