Kisah Inspiratif Pengusaha Muda: Dari Modal Rp1 Juta Menjadi Omzet Ratusan Juta

oleh -230 Dilihat
Kisah Inspiratif Pengusaha Muda: Dari Modal Rp1 Juta Menjadi Omzet Ratusan Juta. [Foto: Dok. YouTube/Naik Kelas]

Ciamis, Kabapedia.com – Kisah inspiratif pemuda yang satu ini layak menjadi pelajaran bagi Anda yang akan memulai bisnis. Cuma bermodalkan Rp1 juta saja saat memulai usaha, saat ini dia sudah memiliki omzet hingga ratusan juta rupiah.

“Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Perkenalkan, saya Dadan Ramdani, seorang pengusaha muda berusia 26 tahun yang membangun usaha di bidang FNB, yaitu Snake Factory,” beber Dadan berbagi kisahnya di akun YouTube Naik Kelas, dilansir Kabapedia.com, Kamis (9/5/2024).

Pria yang lahir dari keluarga sederhana ini mengutarakan, usaha ini berlokasi di Dusun Desa Margajaya, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis.

Baca juga:

“Ayah saya adalah pedagang kerupuk di Bekasi dan ibu saya adalah ibu rumah tangga yang juga memiliki usaha kecil-kecilan berupa warung,” ujar dia.

Meski terlahir dari keluarga yang sederhana, dia memiliki mimpi besar untuk menjadi anak yang sukses, dapat meningkatkan derajat orang tua dan keluarga, serta membantu banyak orang.

Perjalanan Bisnis

Saat awal merintis usaha ini cukup sulit bagi Dadan. Ketika itu orderan kadang ada, kadang tidak. Ada kalanya hanya masuk satu atau dua order, lalu naik menjadi belasan, dan kemudian turun lagi. Karena berada di desa, akses ke ekspedisi cukup jauh.

“Saya harus mengantar paket satu per satu dengan motor, bahkan dalam kondisi hujan. Namun, Alhamdulillah, sekarang paket sudah bisa di-pick up langsung oleh mobil ekspedisi,” ujar dia.

Momen Keberhasilan

Keberhasilan datang tiba-tiba saat ada content creator di TikTok yang menautkan produk Snake Factory dan videonya menjadi viral. Alhamdulillah, orderan meningkat drastis hingga mencapai 800 orderan dalam sehari.

Snake Factory menjual berbagai makanan ringan, dengan top seller berupa keripik kaca dan basreng. Kebutuhan keripik kaca per hari mencapai 250 kilo, sedangkan basreng sekitar 30 sampai 50 kilo per hari.

“Awalnya, saya memulai usaha ini dengan modal Rp1 juta dari tabungan kerja. Saya membuat akun seller di Shopee, kemudian membuka lagi di Tokopedia dan TikTok,” ujar Dadan.

“Alhamdulillah, usaha ini berjalan lancar dan saya terus belajar. Omset per hari bisa mencapai Rp10 juta sampai Rp20 juta, bahkan kadang-kadang tembus Rp30 juta. Bulan lalu, Alhamdulillah, omzet mencapai Rp180 jutaan dan target bulan ini adalah Rp300 jutaan,” beber dia.

Dari pengalaman yang dia rasakan, Dadan berpesan agar teman-teman yang baru mulai atau masih bingung, cobalah untuk memulai dan belajar dari internet. Mulailah dengan hal kecil dan tawarkan produk Anda kepada keluarga terdekat. Tetap semangat dan konsisten. \

“Jika Anda tidak mulai, Anda tidak akan pernah tahu hasilnya. Ingatlah, setiap orang pasti pernah gagal, bahkan berkali-kali. Namun, jangan patah semangat. Terus berjuang dan perjuangkan impian Anda,” ingat dia.

Baca juga:

Demikianlah kisah inspiratif Dadan. Semoga bisa menjadi motivasi bagi Anda semua. Terima kasih dan salam sukses! [isr]

 

Ikuti Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.