Diusung Golkar Maju Pilgub Sumbar, Prof. Ganefri Syaratkan Ini

oleh -239 Dilihat
Ketua Majelis Wilayah Nahdlatul Ulama (MWNU) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), Prof. Ganefri Ph.D. [Foto: Dok. Ist]

Padang, Kabapedia.com – Bakal diusung partai Golongan Karya (Golkar) maju pada Pemilihan Gubernur Pilgub Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), Prof. Ganefri syaratkan ini.

Baca juga:

Partai Golkar dikabarkan membujuk Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Prof. Drs. H. Ganefri, M.Pd., Ph.D. untuk maju mencalonkan diri menjadi Gubernur Sumbar pada Pilkada 2024 mendatang.

Kabar ini disampaikan langsung oleh Ganefri kepada awak media. Dia mengungkapkan kalau dirinya ditawari maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) oleh Ketua DPD Golkar Sumbar, Khairunas yang saat ini masih menjabat sebagai Bupati Solok Selatan.

“Baru pertama saya ungkapkan, kalau memang ada permintaan dari DPP Golkar Sumbar kepada saya untuk maju calon Gubernur 2024. Kata Pak Khairunas (Ketua DPP Golkar Sumbar,) SK-nya sudah ada atas nama saya dan meminta saya untuk maju,” jelasnya di Padang, Jumat (5/4/2024).

“Iya benar. Esok saya akan diundang oleh DPP Partai Golkar untuk diusulkan sebagai calon gubernur Sumbar, SK nya sudah ada,” sambungnya.

Ganefri kembali menerangkan kalau rencana pengusungan dirinya oleh Partai Golkar telah diinformasikan oleh Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Sumbar, Khairunas.

“Beliau telah membicarakan tentang pencalonan ini. Esok saya akan di panggil oleh DPP Golkar untuk membicarakan ini lebih lanjut,” tambahnya.

Perihal bujukan tersebut, Ganefri sendiri belum memutuskan apakah menerima tawan tersebut. Saat dibujuk Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Sumbar, Khairunas untuk maju di Pilgub, Ganefri mengakui telah menyampaikan, meskipun dirinya menjabat Rektor dua periode, namun dirinya tidak terlalu memiliki popularitas di Ranah Minang.

“Sebelumnya saya sudah sampaikan kepada pak Khairunas kalau saya popularitasnya tidak tinggi. Namun beliau menyakinkan kalau Golkar siap all out untuk mengusung,” tutup dia.

Lebih jauh dia menerangkan, dirinya siap maju asalkan nanti hanya ada dua pasang calon saja atau head to head di Pilgub Sumbar. Ia menilai kalau tak head to head, tentu cukup sulit untuk mengalahkan petahana saat ini, yakni Gubernur Mahyeldi Ansharullah.

“Besok saya diundang untuk menerima SK itu, bagi saya kalau head to head saya siap maju,” katanya.

Diketahui, Pilgub Sumbar akan berlangsung pada November mendatang. Sampai saat ini selain Prof Ganefri, baru Bupati Kabupaten Solok, Epyardi Asda yang menyatakan maju untuk Pilgub Sumbar.

Sepak Terjang Ganefri

Prof. Ganefri telah menjabat sebagai rektor UNP selama dua periode sejak 2016 hingga 2024, dan jabatannya di UNP akan berakhir tahun ini. Selain itu, Ganefri juga menjabat sebagai Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia periode 2022–2024.

No More Posts Available.

No more pages to load.