Daftar Ruas Tol Trans Sumatra Siap Dilalui Pemudik Lebaran 2024

oleh -496 Dilihat
Jalan Tol Pekanbaru - Dumai. [Foto: Dok. Hutama Karya]

Sumatra, Kabapedia.com – Berikut informasi “Daftar Ruas Tol Trans Sumatra Siap Dilalui Pemudik Lebaran 2024”. Mudik Lebaran Idul Fitri tahun 1445 H/2024 semakin dekat! Bagi para perantau yang ingin kembali ke kampung halaman di Pulau Sumatra, Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) siap menjadi solusi untuk perjalanan yang lebih cepat dan nyaman.

Diketahui, Tol Sumatra merupakan jaringan jalan tol sepanjang 2.818 kilometer (km) yang direncanakan menghubungkan kota-kota di sepanjang Pulau Sumatra, dari Lampung hingga Aceh.

Baca juga:

Tol Sumatra yang saat ini pembangunan sejumlah ruasnya terus dikejar penyelesaiaan ini merupakan jalur utama penghubung antara Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera. Tol ini dibangun dengan tujuan untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah di Sumatera, mendukung kelancaran distribusi logistik, dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Dari pada penasaran, pada ulasan kali ini Kabapedia.com berbagi informasi lengkap tentang daftar ruas JTTS yang beroperasi selama mudik Lebaran Idul Fitri tahun 2024. Yuk simak hingga akhir.

Ruas Tol Operasional:

1. Bakauheni – Terbanggi Besar (140 km): Ruas tol pertama JTTS ini menghubungkan Pelabuhan Bakauheni di Lampung dengan Terbanggi Besar di Lampung Tengah. Tol ini menjadi akses utama bagi pemudik dari Pulau Jawa yang ingin menyeberang ke Sumatera.

2. Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (189 km): Ruas tol ini melanjutkan dari Bakauheni – Terbanggi Besar dan menghubungkan Lampung Tengah dengan Kayu Agung di Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan.

3. Palembang – Indralaya (22 km): Ruas tol ini menghubungkan Palembang dengan Indralaya, ibukota Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan.

4. Medan – Binjai (17 km): Ruas tol ini menghubungkan Medan dengan Binjai, salah satu kota satelit di Sumatera Utara.

5. Pekanbaru – Dumai (132 km): Ruas tol ini menghubungkan Pekanbaru, ibukota Riau, dengan Dumai, kota pelabuhan di pesisir timur Sumatera.

6. Indrapura – Lima Puluh (15,6 km): Ruas tol ini menghubungkan Indrapura, ibukota Kabupaten Aceh Selatan, dengan Lima Puluh di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara.

7. Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat (28 km): Ruas tol ini menghubungkan Kuala Tanjung, pelabuhan baru di Sumatera Utara, dengan Tebing Tinggi dan Parapat, yang merupakan pintu gerbang ke Danau Toba.

8. Belawan – Medan – Tanjung Morawa (42,9 km): Ruas tol ini menghubungkan Pelabuhan Belawan dengan Medan dan Tanjung Morawa, salah satu kota industri di Sumatera Utara.

9. Sigli – Banda Aceh Seksi 1-4 (51,4 km): Ruas tol ini menghubungkan Sigli, ibukota Kabupaten Pidie, dengan Banda Aceh, ibukota Aceh.

10. Palembang – Betung Seksi 1-3 (69,5 km): Ruas tol ini menghubungkan Palembang dengan Betung, ibukota Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

11. Pekanbaru – Bangkinang (31 km): Ruas tol ini menghubungkan Pekanbaru dengan Bangkinang, ibukota Kabupaten Kampar, Riau.

12. Bengkulu – Taba Penanjung (17,6 km): Ruas tol ini menghubungkan Bengkulu dengan Taba Penanjung, ibukota Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu.

Ruas Tol Fungsional:

Ruas Tol Fungsional adalah ruas jalan tol yang belum sepenuhnya selesai dibangun, namun sudah bisa dilalui kendaraan secara terbatas. nah pada mudik Lebaran Idul Fitri 2024 ini sejumlah ruas jalan tol Trans Sumatra juga ada yang dibuka secara fungsional.

1. Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung Seksi 4 (45 km): Ruas tol ini masih dalam tahap pembangunan, namun dapat dilalui secara fungsional selama mudik Lebaran 2024.

2. Kayu Agung – Palembang – Betung Seksi 4 & 5 (85 km): Ruas tol ini masih dalam tahap pembangunan, namun dapat dilalui secara fungsional selama mudik Lebaran 2024.

3. Medan – Binjai Seksi 4 (6,1 km): Ruas tol ini masih dalam tahap pembangunan, namun dapat dilalui secara fungsional selama mudik Lebaran 2024.

4. Pekanbaru – Dumai Seksi 5 (24 km): Ruas tol ini masih dalam tahap pembangunan, namun dapat dilalui secara fungsional selama mudik Lebaran 2024.

5. Pekanbaru – Bangkinang Seksi 2 (24 km): Ruas tol ini masih dalam tahap pembangunan, namun dapat dilalui secara fungsional selama mudik Lebaran 2024.

Total:

  • Ruas Tol Operasional: 1.004,5 km
  • Ruas Tol Fungsional: 180,6 km

Jadi kesimpulannya, keutamaan JTTS adalah untuk mempercepat waktu tempuh. JTTS dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanan secara signifikan. Contohnya, perjalanan dari Bakauheni ke Palembang. [isr]

 

Ikuti Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.