Lebaran Tanpa Macet! Ini Rute Tercepat Padang-Bukittinggi, Cuma 1,5 Jam dan Pakai 9,5 Liter BBM

oleh -257 Dilihat
Peta petunjuk jalan rute tercepat Padang-Bukittinggi tanpa macet dan hemat BBM. [Grafis: Dok. Google Maps]

Padang, Kabapedia.com – Mau Lebaran di Sumbar tanpa macet!! Yuk Simak Rute Tercepat Padang-Bukittinggi tanpa macet, cuma 1,5 jam dan pakai 9,5 liter BBM saja. Lebaran Idul Fitri tahun ini 1445/2024 sebentar lagi datang.

Nah, untuk kamu yang akan melintasi sejumlah kota/kabupaten di Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), Kota Padang dan Bukittinggi akan menjadi lintasan wajib Anda menuju daerah lain di Sumbar. Untuk melewati kedua kota ini ada baiknya Anda mencari rute tercepat.

Padang dan Bukittinggi adalah dua kota penting di Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Data menunjukkan, tiap tahunnya sekitar 5 juta wisatawan mengunjungi kedua kota metropolitan di Ranah Minang ini. Terutama hari libur, Kota Bukittinggi kerap dibanjiri wisatawan yang berangkat dari Kota Padang.

Baca juga:

Kedua kota ini memiliki banyak destinasi wisata menarik, seperti Air Terjun Lembah Anai, Jam Gadang, Ngarai Sianok, dan lain-lain. Namun, untuk mencapai Bukittinggi dari Padang, kita harus melewati jalan yang panjang, berkelok-kelok, dan sering macet. Bagaimana cara menghindari kemacetan dan menemukan rute tercepat Padang-Bukittinggi? Pertimbangan memilih rute tercepat ini amat penting, pasalnya rute Padang-Bukittingi kerap dibanjiri kendaraan yang mengangkut ribuan wisatawan.

Nah, ulasan Kabapedia.com kali ini bakal membahas perihal rute tercepat Padang-Bukittinggi plus terhindar dari macet dan prakiraan konsumsi BBM. Yuk simak hingga akhir.

Rute Tercepat Padang-Bukittinggi

Menurut data Google Maps, jarak Padang ke Bukittinggi adalah 95,2 kilometer, dengan jarak tempuh sekitar 2 jam 49 menit. Rute perjalanan tercepat adalah melalui Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) atau juga Jalan Raya Lintas Barat. Jalan ini adalah jalan utama yang menghubungkan berbagai kota penting di Pulau Sumatera, termasuk Kota Padang dan Bukittinggi.

Berikut adalah rincian rute tercepat Padang-Bukittinggi melalui Jalinsum:

  • Dari Kota Padang, ambil arah ke Sicincin. Jalan ini sebagian besar lurus dan lancar, namun perhatikan batas kecepatan dan rambu-rambu lalu lintas.
  • Setelah melewati Sicincin, ambil arah ke Lubuk Alung. Jalan ini mulai berkelok-kelok dan menanjak, namun masih cukup lebar dan beraspal.
  • Perhatikan kondisi jalan yang bisa licin saat hujan atau berkabut.
  • Setelah melewati Lubuk Alung, ambil arah ke Kayu Tanam. Jalan ini masih berkelok-kelok dan menanjak, namun sudah mulai turun menuju Padang Panjang. Di sini, kita bisa melihat pemandangan indah Air Terjun Lembah Anai di sebelah kanan jalan.
  • Setelah melewati Padang Panjang, ambil arah ke Pasar Koto Baru. Jalan ini masih berkelok-kelok dan menurun, namun sudah mulai mendekati Bukittinggi. Di sini, kita bisa melihat pemandangan indah Gunung Marapi dan Gunung Singgalang di sebelah kiri dan kanan jalan.
  • Setelah melewati Pasar Koto Baru, ambil arah ke Bukittinggi. Jalan ini sudah lurus dan rata, namun perhatikan kemungkinan adanya kemacetan di sekitar pintu masuk kota. Ikuti arah jalan menuju pusat kota Bukittinggi.

Tips Menghindari Macet

Meskipun rute tercepat Padang-Bukittinggi melalui Jalinsum adalah rute yang paling sering digunakan oleh pengendara, namun rute ini juga sering mengalami kemacetan, terutama di jam-jam sibuk, akhir pekan, atau hari libur. Berikut adalah beberapa tips untuk menghindari macet di rute ini:

  • Hindari berangkat pada jam-jam sibuk, seperti pagi hari (06.00-09.00), siang hari (12.00-14.00), atau sore hari (16.00-18.00). Pilih waktu berangkat yang lebih awal atau lebih akhir, agar bisa menghindari arus lalu lintas yang padat.
  • Hindari berangkat pada akhir pekan atau hari libur, terutama saat ada acara besar atau festival di Padang atau Bukittinggi. Pilih hari kerja atau hari biasa, agar bisa menghindari arus lalu lintas yang meningkat.
  • Gunakan aplikasi navigasi, seperti Google Maps, Waze, atau lainnya, untuk memantau kondisi lalu lintas di rute yang akan dilewati. Aplikasi ini bisa memberikan informasi tentang adanya kemacetan, kecelakaan, atau penutupan jalan, serta memberikan alternatif rute yang lebih cepat atau lebih lancar.
  • Siapkan cadangan bahan bakar, air minum, dan makanan ringan, untuk mengantisipasi kemungkinan terjebak macet dalam waktu lama. Jangan lupa juga untuk memeriksa kondisi kendaraan, seperti ban, rem, oli, dan lainnya, sebelum berangkat, agar bisa menghindari kerusakan atau kecelakaan di jalan.

Rincian Waktu Tempuh Maksimal dan Konsumsi BBM

Berikut adalah rincian waktu tempuh maksimal dan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) untuk rute tercepat Padang-Bukittinggi melalui Jalinsum, berdasarkan data Google Maps dan asumsi rata-rata kecepatan 60 km/jam dan konsumsi BBM 10 km/liter:

Perincian Waktu Tempuh Maksimal dan Konsumsi BBM Rute Padang-Bukittinggi. [Foto: Dok. Kabapedia.com]
Dengan demikian, waktu tempuh maksimal untuk rute tercepat Padang-Bukittinggi melalui Jalinsum adalah 96 menit atau 1 jam 36 menit, dan konsumsi BBM untuk rute ini adalah 9,52 liter. Namun, waktu tempuh dan konsumsi BBM ini bisa berbeda tergantung pada kondisi lalu lintas, cuaca, dan kendaraan yang digunakan.

Baca juga:

Demikian artikel rute tercepat Padang-Bukittinggi yang saya buat. Semoga bermanfaat dan selamat berkendara! Jangan lupa beli oleh-oleh khas yang diproduksi oleh UMKM lokal setempat. [isr]

 

Ikuti Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.