Daftar 5 Jalan Tol Sumatra yang Dibuka Gratis Selama Libur Nataru 2024

oleh -754 Dilihat
Daftar 5 Jalan Tol Sumatra yang dibuka gratis selama libur Nataru 2024. [Foto: Dok. Ist]

Padang, Kabapedia.com – Pemerintah telah menyiapkan lima ruas Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) yang akan dibuka secara gratis selama musim libur Natal 2023 dan tahun baru (Nataru) 2024. Lantas tol mana sajakah itu? Yuk simak ulasan Kabapedia.com berikut ini hingga akhir.

Libur panjang Natal dan Tahun Baru kian dekat. Ada beberapa ruas jalan tol di Pulau Sumatra yang akan dibuka dan belum bertarif. Masyarakat yang ingin berlibur bisa menggunakan jalan tol tersebut, untuk mempersingkat waktu perjalanan.

Menurut Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, saat ini sudah ada beberapa ruas jalan tol di Sumatera yang telah dibuka namun belum bertarif, dengan panjang total jalan tol mencapai 126,43 Km.

Beberapa ruas jalan tol tersebut saat ini ada yang masih uji coba, dan beberapa di antaranya akan dibuka secara fungsional. Berikut ini adalah daftar lima ruas JTTS yang dibuka gratis saat libur Natal dan Tahun Baru 2024.

1. Tol Indralaya-Prabumulih

Jalan tol ini memiliki panjang 64,5 KM, merupakan bagian dari pembangunan jalan tol Simpang Indralaya Muara Enim yang akan mempersingkat waktu tempuh dari Palembang ke Prabumulih, menjadi hanya 1 jam saja.

Selain itu, jalan tol ini juga mempersingkat waktu tempuh dari Prabumulih ke Bandara Mahmud Badarudin 2, Palembang. Jalan tol yang berada di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ini, sudah diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Kamis 26 Oktober 2023 lalu.

2. Tol Binjai-Langsa

Ruas Tol Binjai-Langsa, segmen Stabat-Kuala Bingai memiliki panjang 8 Km. Berada di Provinsi Sumatera Utara dan merupakan lanjutan dari Jalan Tol Binjai-Stabat yang telah lebih dulu diresmikan.

Dengan adanya ruas jalan tol ini maka akan mempercepat konektivitas dari Kuala Bingai menuju Kota Medan, hingga Bandara Kualanamu.

3. Tol Indrapura-Limapuluh

Jalan tol di Sumatera Utara ini memiliki total panjang 15 Km, dan merupakan bagian dari seksi satu jalan tol Indrapura-kisaran, yang akan menghubungkan beberapa jalan tol lainnya.

Ruas tol ini nantinya akan terhubung langsung dengan Jalan Tol Medan-Kualanamu Tebing Tinggi dan Kuala Tanjung-Tebing Tinggi Parapat.

4. Tol Tebing Tinggi-Indrapura

Jalan tol ini memiliki panjang 26,23 Km, yang merupakan bagian dari Seksi Satu Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi Parapat di Sumatera Utara.

Jalan tol ini akan tersambung langsung dengan jalan tol yang berada di Sumatera Utara yakni: Jalan Tol Medan-Kualanamu Tebing Tinggi dan Tol Indrapura-Kisaran. Hadirnya jalan tol ini akan mempersingkat waktu tempuh menuju Kota Medan atau sebaliknya.

5. Tol Sigli-Banda Aceh

Jalan Tol Sigli-Banda Aceh, Segmen Blang Bintang-Baitussalam ini memiliki panjang 12,7 Km. Jalan tol ini nantinya akan melengkapi tiga seksi yang lebih dulu tuntas yaitu: Seulimum Kebelang Bintang sepanjang 35,8 Km.

Baca juga: Update Tol Padang-Sicincin, Segini Konstruksi yang Siap

Itulah daftar 5 ruas jalan tol di Sumatra yang dibuka gratis selama musim libur Natal dan Tahun Baru 2024. Apakah anda salah satu yang akan memakai ruas jalan tol tersebut? silakan tulis pendapat anda di kolom komentar di bawah berita ini. [isr]

 

Ikuti Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.