Update Klasemen 12 Besar Liga 2 Grup X, Y dan Z: PSIM Kokoh, Persela dan Deltras Bersaing, PSBS Biak Unggul di Grup Z

oleh -2429 Dilihat
Mesin gol Semen Padang, Kennet Ngwoke duel udara saat menghadapi PSIM Yogyakarta, Sabtu (6/1/2024) malam. Kennet berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-70 [Foto: Dok. Facebook/SPFC]

Jakarta, Kabapedia.com – Babak 12 besar Liga 2 musim 2023-2024 telah memasuki matchday ketiga yang akan berlangsung pada 17-18 Januari 2024. Dari 12 tim yang bertanding, hanya empat tim yang akan lolos ke semifinal dan berpeluang meraih tiket promosi ke Liga 1 musim depan.

Dari pada penasaran, berikut adalah ulasan update klasemen dan persaingan di babak 12 besar Liga 2 pada masing-masing grup, dari X, Y hingga Z:

Grup X: PSIM Kokoh di Puncak, Semen Padang vs PSMS Jadi Laga Kunci

Mesin gol Semen Padang, Kennet Ngwoke duel udara saat menghadapi PSIM Yogyakarta, Sabtu (6/1/2024) malam. Kennet berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-70 [Foto: Dok. Facebook/SPFC]
Grup X menjadi grup yang paling sengit karena semua tim meraih satu poin pada matchday pertama. PSIM Yogyakarta berhasil mengambil alih posisi puncak setelah mengalahkan PSMS Medan 2-1 di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, pada 14 Januari 2024.

Gol kemenangan PSIM dicetak oleh Nyoman Sukarja pada menit ke-90+3, setelah sebelumnya PSMS sempat menyamakan kedudukan melalui gol bunuh diri Miftahul Hamdi pada menit ke-86. Gol pembuka PSIM dicetak oleh Rizky Dwi Ramadhana pada menit ke-25.

Dengan hasil ini, PSIM mengoleksi empat poin dari dua pertandingan, unggul dua poin dari tiga tim lainnya, yaitu Semen Padang, Persiraja Banda Aceh, dan PSMS Medan.

Pada matchday ketiga, PSIM akan berhadapan dengan Persiraja di Stadion Mandala Krida, sementara Semen Padang akan menjamu PSMS di Stadion H Agus Salim, Padang. Laga antara Semen Padang dan PSMS menjadi laga kunci yang akan menentukan peluang masing-masing tim untuk lolos ke semifinal.

Semen Padang dan PSMS sama-sama membutuhkan kemenangan untuk menjaga asa mereka, setelah sebelumnya hanya meraih dua hasil imbang. Semen Padang ditahan imbang oleh Persiraja 0-0 dan PSIM 1-1, sedangkan PSMS bermain imbang dengan Persiraja 0-0 dan kalah dari PSIM 1-2.

Grup Y: Persela dan Deltras Berbagi Poin, Persis dan Persik Kediri Terancam

Sujud syukur pelatih Persela Lamongan usai timnya memastikan tempat di babak 12 besar Liga 2 musim 2023/2024 usai menang telak atas Persekat Tegal dengan skor 3-1. [Foto: Dok. LIB]
Grup Y menjadi grup yang paling menarik karena dihuni oleh empat tim yang pernah bermain di Liga 1. Persela Lamongan dan Deltras Sidoarjo menjadi dua tim yang memimpin klasemen dengan raihan empat poin dari dua pertandingan.

Persela berhasil mengalahkan Persis Solo 2-1 di Stadion Surajaya, Lamongan, pada 13 Januari 2024. Gol-gol Persela dicetak oleh Dendy Sulistyawan pada menit ke-12 dan Agung Pribadi pada menit ke-90+2, sedangkan gol Persis dicetak oleh Bayu Nugroho pada menit ke-90+4.

Deltras juga meraih kemenangan 2-1 atas Persik Kediri di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, pada 14 Januari 2024. Gol-gol Deltras dicetak oleh Rendi Irwan pada menit ke-45 dan Maldini Pali pada menit ke-90+3, sedangkan gol Persik dicetak oleh Rishadi Fauzi pada menit ke-90+1.

Pada matchday ketiga, Persela dan Deltras akan bertemu dalam laga Derby Jawa Timur di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Laga ini akan menjadi penentu siapa yang akan memuncaki klasemen dan mendekatkan diri ke semifinal.

Sementara itu, Persis dan Persik Kediri terancam tersingkir dari babak 12 besar jika tidak mampu meraih kemenangan pada matchday ketiga. Persis akan menjamu Persik Kediri di Stadion Manahan, Solo, dalam laga yang sama-sama menentukan nasib mereka.

Grup Z: PSBS Biak Tak Tertandingi, Gresik United Jaga Peluang

Bermain di kandang Persijap Jepara di Stadion Gelora Bumi Kartini, Jepara, Minggu (10/12), Gresik United takluk 0-2. [Foto: Dok. Liga 2]
Grup Z menjadi grup yang paling tidak mengejutkan karena PSBS Biak Numfor berhasil memenangkan dua pertandingan pertamanya dan unggul tiga poin dari tim peringkat kedua, Gresik United.

PSBS mengalahkan Persipal Babel United 1-0 di Stadion Cendrawasih, Biak, pada 13 Januari 2024. Gol tunggal kemenangan PSBS dicetak oleh penyerang asal Brasil, Alexsandro dos Santos, melalui tendangan penalti pada menit ke-90+6.

PSBS juga mengalahkan Gresik United 2-1 di Stadion Cendrawasih, Biak, pada 14 Januari 2024. Gol-gol PSBS dicetak oleh Alexsandro dos Santos pada menit ke-45 dan Yohanes Pahabol pada menit ke-90+2, sedangkan gol Gresik dicetak oleh Miftahul Hamdi pada menit ke-90+4.

Dengan hasil ini, PSBS mengoleksi enam poin dari dua pertandingan, unggul tiga poin dari Gresik United yang berada di posisi kedua dengan tiga poin. Gresik sebelumnya berhasil mengalahkan Persipal Babel United 2-0 di Stadion Tri Dharma, Gresik, pada 13 Januari 2024.

Baca juga:

Pada matchday ketiga, PSBS akan berhadapan dengan Persipal Babel United di Stadion Cendrawasih, Biak, sementara Gresik United akan menjamu Persikabo Bogor di Stadion Tri Dharma, Gresik. PSBS berpeluang memastikan tiket ke semifinal jika mampu mengalahkan Persipal, sedangkan Gresik harus menang untuk menjaga peluang mereka. [isr]

 

Ikuti Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.