Pria Lulusan SMP, Sukses Beternak 500 Sapi & Bertani Nanas di Lahan 300 Hektar!

oleh -190 Dilihat
Pria Lulusan SMP, Sukses Beternak 500 Sapi & Bertani Nanas di Lahan 300 Hektar! [Foto: Dok. YouTube/Pecah Telur]

Kediri, Kabapedia.com – Inilah kisah inspiratif seorang lulusan SMP yang sukses mengelola peternakan sapi dan perkebunan nanas di lahan seluas 300 Hektare di Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur. Bagaimana kisahnya? Yuk simak hingga akhir topik Kabapedia.com kali ini.

Muhammad Rofiq, seorang lulusan SMP asal Dusun Mangunrejo, Kecamatan Plosoklaten, Kediri telah membuktikan bahwa pendidikan formal bukanlah satu-satunya jalan menuju sukses. Dengan tekad kuat dan kerja keras, dia berhasil mengelola peternakan sapi dengan populasi sekitar 500 ekor dan perkebunan nanas di lahan seluas 300 hektare.

Baca juga:

Meski hanya lulus SMP, Rofiq tidak pernah merasa dirinya bodoh. Dia percaya bahwa setiap orang memiliki kesempatan untuk maju, terlepas dari latar belakang pendidikannya.

“Dengan pengeluaran bulanan sekitar Rp500 juta hingga Rp600 juta untuk biaya pakan dan gaji karyawan, 70% dari pengeluaran tersebut berhasil di-cover oleh penjualan bubuk cair dan susu,” ujar Rofiq berbagi kisah di kanal YouTube Pecah Telur, dilansir Kabapedia.com, Minggu (28/4/2024).

Selain itu, perkebunan nanasnya yang luas memungkinkan dia untuk panen setiap hari. Dalam sehari, dia bisa panen 1 hektare yang berisi sekitar 75.000 batang nanas. Meski ada sekitar 10% tanaman yang mati, hasil panennya masih mencapai antara 5.000 hingga 67.000 batang per hektar.

Muhammad Rofiq percaya bahwa usaha yang berhasil adalah usaha yang dijalankan, bukan yang ditakuti atau dikhawatirkan. Dia mengakui bahwa setiap usaha pasti memiliki resiko, namun dia memilih untuk menyelesaikan masalah tersebut ketika itu datang, bukan mengkhawatirkannya sejak awal.

Selain peternakan dan perkebunan, Rofiq juga memiliki usaha di bidang properti. Dia adalah seorang developer perumahan yang juga melibatkan warga sekitar dalam usahanya. Tujuannya adalah agar warga sekitar, terutama korban wabah PMK beberapa tahun lalu, bisa memiliki pemasukan dan pekerjaan lagi.

Rofiq percaya bahwa modal utama dalam berwirausaha bukanlah seberapa banyak uang yang dimiliki, melainkan kepercayaan. Dia berusaha menjaga kepercayaan orang lain dengan selalu konsisten dan menepati janji. Dia juga berusaha menjaga hubungan baik dengan orang-orang yang telah mempercayainya sejak awal, seperti Haji Yusuf, pemilik toko material dan galangan yang pertama kali memberinya pinjaman.

Meski telah sukses, Rofiq tetap rendah hati dan selalu mengingat asal-usulnya. Dia mengambil nama usahanya, Irfai Berkah Sejahtera Grup (IBS), dari nama almarhum ayahnya, Irfai. Dia berharap kisah suksesnya ini bisa menjadi inspirasi bagi orang lain, bahwa setiap orang memiliki kesempatan untuk sukses, terlepas dari latar belakang pendidikannya.

Tips dan Trik Sukses dalam Peternakan Sapi dan Budidaya Nanas

Rofiq, seorang lulusan SMP yang kini sukses mengelola peternakan sapi dan perkebunan nanas, berbagi tips dan triknya dalam menjalankan usaha tersebut. Berikut adalah beberapa poin penting yang dia bagikan:

  1. Persiapan Pakan: Sebelum memulai peternakan sapi, pastikan bahwa Anda telah menyiapkan cukup pakan, terutama hijauan. Jika Anda berencana membeli sapi di pasar, pastikan bahwa ada ketersediaan pakan hijauan.
  2. Kebersihan Kandang: Kebersihan kandang sangat penting, terutama dalam penggemukan sapi. Setelah makan, sapi akan merumput di tempatnya. Jika kandang tidak bersih dan nyaman, sapi mungkin merasa malas untuk merumput.
  3. Pakan Tercukupi: Jika tiga unsur ini sudah terpenuhi, yaitu kecukupan pakan, kebersihan kandang, dan pakan tercukupi, maka sapi bisa gemuk. Berikan pakan hijauan dua kali sehari dan comboran juga dua kali sehari.
  4. Pengolahan Limbah: Rofiq juga menekankan pentingnya pengolahan limbah dalam usahanya. Dia mengolah limbah dari kotoran sapi menjadi pupuk cair, yang kemudian digunakan untuk memupuk perkebunannya. Dengan cara ini, dia berhasil memotong biaya pemupukan hingga 50%.
  5. Pemasaran: Dalam hal pemasaran, Muhamad memilih untuk membuka kios sendiri di beberapa tempat, seperti Bandung, Ngeronggo, dan Babat Lamongan. Dengan sistem ini, dia bisa menanam, panen, dan menjual produknya sendiri.
  6. Budidaya Nanas: Dalam budidaya nanas, Rofiq menyarankan agar lahan tidak terlalu banyak menggunakan kimia agar tanah tetap subur. Sebisa mungkin, gunakan pupuk organik. Meski hasilnya mungkin tidak terlalu banyak di awal, namun ini adalah investasi jangka panjang.
  7. Manfaat bagi Orang Lain: Salah satu tujuan utama Rofiq dalam menjalankan usahanya adalah untuk membuka sebanyak mungkin lapangan pekerjaan untuk orang lain dan bermanfaat bagi sebanyak mungkin orang.

Baca juga:

Muhammad Rofiq adalah contoh nyata bahwa setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk sukses, terlepas dari latar belakang pendidikannya. Dia adalah direktur dari Irfai Berkah Sejahtera Grup, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang peternakan sapi dan perkebunan nanas. [isr]

 

Ikuti Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.