Menanti Sihir Shin Tae-yong Menuju Olimpiade Paris, Laga Sengit Indonesia Vs Uzbekistan U-23

oleh -589 Dilihat
Pelatih Timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong. [Foto: Dok. PSSI]

Doha, Kabapedia.com – Pada semifinal Piala Asia U-23 2024, Indonesia berhadapan dengan Uzbekistan. Pertandingan ini menjadi pertarungan sengit memperebutkan tiket ke final dan juga tiket menuju Olimpiade Paris 2024.

Secara statistik kedua tim menunjukkan gambaran yang menarik. Uzbekistan tampil lebih dominan dalam beberapa aspek, terutama dalam hal penyelesaian akhir dan agresivitas di depan gawang. Mereka telah mencetak 12 gol dan 29 tembakan tepat sasaran. Catatan itu merupakan jumlah terbanyak di Piala Asia U-23.

Baca juga:

Sedangkan Timnas Indonesia U-23, mereka hanya memiliki 7 gol dan 16 peluang tepat sasaran. Meski di bawah Uzbekistan, Timnas Indonesia sangat berpeluang menang pada laga semifinal malam ini, terlebih ini merupakan debutan Tim Indonesia U-23 di Piala Asia.

Namun perlu juga digarisbawahi, keganasan Uzbekistan di depan gawang juga dibuktikan dengan torehan 78 tembakan (terbanyak), jauh melebihi 59 tembakan yang dilepaskan Timnas Indonesia U-23.

Di sisi lain, Timnas Indonesia U-23 memiliki catatan sebagai tim dengan pelanggaran terbanyak (64) di turnamen ini, sedangkan Uzbekistan menyusul dengan berada di urutan kedua dengan 55 pelanggaran.

Sihir Shin Te Yong Menuju Olimpiade Paris

Pelatih Timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong, memiliki ambisi besar untuk membawa timnya berpartisipasi di Olimpiade Paris 2024. Dengan tekad kuat, Shin Tae-yong menargetkan kemenangan dalam pertandingan semifinal melawan Uzbekistan U23. Kemenangan ini akan membuka jalan bagi Indonesia U-23 untuk berpartisipasi di ajang prestisius tersebut.

Timnas Indonesia sebelumnya pernah bermain di Olimpiade Melbourne 1956. Namun, perjalanan mereka terhenti di babak perempat final oleh Uni Soviet. Shin Tae-yong mengungkapkan bahwa ini adalah waktu yang tepat untuk membawa Timnas Indonesia kembali berlaga di Olimpiade.

Shin Tae-yong juga mengungkapkan bahwa persiapan timnya sangat baik menjelang pertandingan melawan Uzbekistan. Kepercayaan diri para pemain meningkat setelah berhasil lolos dari Grup A dan menyingkirkan Korea Selatan di babak perempat final.

Menurut Shin Tae-yong, Uzbekistan adalah tim yang sangat bagus dan terorganisir. Mereka memiliki transisi yang cepat dari menyerang ke bertahan dan sebaliknya. Namun, dengan strategi yang tepat, Indonesia memiliki peluang untuk menang melawan Uzbekistan.

Shin Tae-yong menegaskan bahwa tidak ada tekanan besar yang dirasakan. Ia dan timnya menikmati setiap momen dan tantangan ini. Mereka berusaha menjalani momen menggembirakan ini bersama. Dengan semangat dan tekad yang kuat, Shin Tae-yong dan timnya siap untuk berlaga di Olimpiade Paris 2024.

Sejarah Perjalanan Indonesia dan Uzbekistan di Piala Asia

Piala Asia U-23 AFC 2024 adalah edisi ke-6 dari Piala Asia U-23 AFC, kejuaraan sepak bola internasional dua tahunan yang diselenggarakan oleh Konfederasi Sepak Bola Asia untuk tim nasional putra U-23 Asia.

Indonesia telah berpartisipasi dalam lima turnamen Piala Asia, yaitu pada tahun 1996, 2000, 2004, dan 2007. Pada Piala Asia U-23 2024, Indonesia berhasil mencapai puncak sejarah dengan menjadi tim debutan pertama yang lolos ke laga semifinal.

Sejauh ini, Uzbekistan telah berpartisipasi di semua edisi Piala Asia U-23 sejak pertama kali digelar pada 2013. Bahkan pada empat edisi terakhir, mereka selalu menembus semifinal. Capaian terbaik yakni saat menjadi juara pada 2018 diikuti sebagai runner-up pada 2022.

Baca juga:

Meski statistik tidak selalu menentukan hasil akhir, Uzbekistan jelas diunggulkan dalam laga ini. Namun, Garuda Muda pantang menyerah. Semangat pantang menyerah dan kegigihan mereka telah terbukti di sepanjang turnamen. Akankah Timnas Indonesia U-23 berhasil mengalahkan lawan berat, Uzbekistan? Kita nantikan bersama. [isr]

 

Ikuti Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.