Langkah Antisipasi Kemacetan di Bungus Teluk Kabung

oleh -334 Dilihat
Grafis kemacetan di daerah Bungus Teluk Kabung. [Foto: Ist]

Padang, Kabapedia.com – Pemko Padang, Sumatra Barat (Sumbar) telah menyiapkan langkah strategis untuk mengantisipasi potensi kemacetan lalu lintas di daerah Kecamatan Bungus Teluk Kabung.

Berdasarkan data analisa, sejumlah titik ruas Jalan Padang – Painan yang ada di Bungus Teluk Kabung memang terbilang rawan kemacetan saat momen libur Lebaran Idul Fitri.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Andree Algamar mengungkap, titik kemacetan dimulai dari Jembatan Panasahan sampai Simpang Pelabuhan Samudera TPI Bungus Barat.

“Selain macet titik ini juga rawan kecelakaan,” beber Andree dalam siaran persnya diterima Kabapedia.com, Sabtu (22/4/2023).

Diketahui sebelumnya kemacetan lalu lintas di ruas Jalan Nasional Padang – Painan, khususnya di daerah Bungus Teluk Kabung kerap terjadi pada momen libur Lebaran Idul Fitri.

Berkaca dari momen Idul Fitri tahun 2022 lalu, kemacetan lalu lintas juga melanda kawasan ini, baik dari arah Padang maupun dari arah Painan, Kabupaten Pesisir Selatan. Bahkan saat itu kemacetan mengakibatkan ribuan kendaraan mengular hingga 4 Km.

Tim analisis Pemko Padang juga mengungkapkan sejumlah faktor yang mengakibatkan macet di waktu libur lebaran disebabkan :

1. Meningkatnya pengisian BBM Kendaraan di SPBU Bungus, karena SPBU bungus dengan SPBU lainnya jaraknya cukup jauh.

2. Banyaknya kendaraan wisatawan yang berhenti berbelanja di pusat ole-oleh karena kawasannya masih berdekatan dengan SPBU.

3. Banyaknya volume kendaraan yang keluar masuk di area wisata Pantai Caroline.

Atas kondisi itu Pemko Padang telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi di antaranya
untuk pengamanan dengan penempatan personil Polsek dan didukung Personil BKO Satpol PP.

Baca Juga: Awas Terjebak Macet!! Ini Jalur Alternatif Utama di Sumbar Guna Menghindari Kemacetan

Selain mengantisipasi kemacetan, Pemerintah Kecamatan Bungus Teluk Kabung juga menyediakan sejumlah titik rest area gratis (Parkir, minuman hangat, MCK,dan tempat sholat ) untuk pemudik dan pengunjung wisata. [isr]

 

Simak berita Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.