Awas Terjebak Macet!! Ini Jalur Alternatif Utama di Sumbar Guna Menghindari Kemacetan

oleh -389 Dilihat
Jalur alternatif di kabupaten Limapuluh Kota. Grafis: Dishub Sumbar]

Padang, Kabapedia.com – Awas terjebak macet! Ini jalur alternatif utama di Sumbar guna menghindari kemacetan. Bagi kamu para perantau mau mudik atau melintasi daerah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), ada baiknya kamu mengetahui jalur-jalur alternatif utama guna menghindari kemacetan.

Ya, terutama jalur Padang – Bukittinggi terdapat banyak titik macet sehingga melewati jalur alternatif agaknya menjadi pilihan terbaik.

Kemacetan lalu lintas masih menjadi persoalan tahunan di wilayah Sumbar. Kondisi ini telah terjadi sejak lama dan akan lebih parah di saat momen-momen liburan, terutama hari Raya Idul Fitri.

Untuk diketahui, Sumbar memiliki panjang jalan mencapai 22,6 ribu kilometer (km) atau tepatnya 22.648,89 km. Jumlah ini menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar 2022 lalu.

Berdasarkan data Dinas Perhubungan (Dishub) Sumbar terbaru, untuk gambaran terdapat 25 titik macet dari total 19 kabupaten/kota terdapat 8 daerah yang menjadi titik rawan kemacetan.

Dilansir Kabapedia.com dari data resmi Dishub Sumbar, terdapat tiga daerah yang kerap dilanda kemacetan sehingga pemudik diminta melewati jalur alternatif yang ada di tiga daerah yakni, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Agam dan Kabupaten Limapuluh Kota.

Berikut data lengkap jalur alternatif utama di Sumbar

1. Kabupaten Padang Pariaman

  • Jalur Alternatif 1

Kendaraan yang akan menuju Bukittinggi (via Malalak) Simpang Parit Malintang – Sungai Asam – Pauah Sicincin – Bari – Simpang Malalak

  • Jalur Alternatif 2

Kendaraan yang akan menuju Bukittinggi (via Malalak) lewat Simpang Sungai Asam – Pauah Sicincin – Bari – Simpang Malalak

2. Kabupaten Agam

  • Jalur Alternatif

Mengarahkan kendaraan dari arah Koto baru menuju arah Payakumbuh untuk keluar via simpang Tanjuang Alam (untuk menghindari konflik di simpang canduang). Kendaraan naik yang diutamakan di Simpang Canduang.

3. Kabupaten Limapuluh Kota

  • Jalur Alternatif

Dari arah Riau yang akan pergi ke Bukittinggi / daerah di luar Kota Payakumbuh bisa memilih jalur alternatif melalui:

Baca Juga: Daftar 25 Titik Rawan Kemacetan di Sumbar

Simpang Boncah – Pilubang Taram – Bukik Sitabuah – Balai Jariang – Aua Kuniang – Simpang Ngalau Indah. [isr]

 

Simak berita Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.