Tersisa 400 lebih Extra Flight Tersedia untuk Arus Balik Lebaran

oleh -398 Dilihat
Penumpang di Terminal 3 Bandara Sukarno Hatta.  [Foto: Ist]

Jakarta, Kabapedia.com – Sekitar 400 lebih extra flight atau penerbangan tambahan, masih tersedia untuk digunakan oleh maskapai selama periode arus balik Lebaran 2023.

Berdasarkan data PT Angkasa Pura/AP II (persero), dari 1.200-an lebih permohonan extra flight semasa Arus Mudik Lebaran 2023 di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), baru 535 flight yang terealisasi digunakan maskapai sampai dengan H-2 Lebaran 2023.

Angkasa Pura II juga mengungkapkan, terdapat 1.216 permohonan penambahan penerbangan pada Bandara Soekarno-Hatta. Permohonan tersebut ditujukan maskapai hingga puncak arus balik mudik Lebaran 2023 nanti.

“Permintaan extra flight itu kan sampai Arus Balik Lebaran 2023, jadi kita masih menunggu, itu nanti diakumulasi akhirnya akan kita bisa lihat, berapa dari kebutuhan ekstra flight itu digunakan oleh maskapai,” ujar Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin dalam siaran persnya, Sabtu (22/4/2023).

Adapun permintaan terbanyak didominasi oleh maskapai Lion Air dan Garuda Indonesia. Selain itu, lanjut Awaluddin, bukan hanya di Bandara Soekarno-Hatta saja adanya permintaan extra flight, namun juga tersebar di beberapa kota, seperti Palembang, Bandung, dan Pekanbaru.

“Selain rute domestik, ada juga permintaan ekstra flight untuk rute internasional. Pasalnya untuk internasional pun sangat tinggi, karena memang banyak masyarakat untuk memanfaatkan Lebaran ini sebagai liburan,” tutur Awaluddin.

Puncak Arus Mudik 2023

Berdasarkan data yang dihimpun, pada puncak arus mudik pertama yang terjadi pada H-3 (Rabu, 19 April 2023) terdapat total 1.155 penerbangan dan 160.354 penumpang yang tiba dan berangkat dari Bandara Soetta.

Sementara pada puncak arus mudik Lebaran kedua pada Kamis, 20 April 2023 atau H-2 Lebaran terdapat jumlah kumulatif penumpang dan pesawat yang tiba dan berangkat, masing-masing sebanyak 165.726 orang dan 1.154 pesawat.

AP II selaku pengelola Bandara Soetta pun optimis, periode Angkutan Lebaran (Angleb) 2023 ini, akan berjalan lancar tanpa adanya gangguan landing dan take off pesawat. Pasalnya, manajemen mengoperasikan Runway 3 Bandara Soekarno Hatta 24 jam.

Dengan begitu, bandara yang mendapat predikat tersibuk di Indonesia ini bisa mengurai antrian pesawat pada saat terjadi kepadatan di saat jam sibuk mudik dan arus balik Lebaran 2023.

“Dari sisi runway, Alhamdulillah Runway 3 bisa beroperasi 24 jam untuk landing. Sehingga sangat membantu bilamana ada kejadian di salah satu runway (Runway 1 dan 2) dan bisa mengurai kepadatan pada saat jam sibuk,” tutur EGM Bandara Soekarno Hatta, Dwi Ananda Wicaksana.

Menurutnya, secara operasional Runway 3 tersebut sudah bisa dioperasikan 24 jam, secara langsung akan berdampak pada percepatan antrian landing dan take off pesawat. Sehingga, setiap maskapai bisa menjaga ketepatan waktu penerbangan.

Baca Juga: Tarif Lengkap Jalan Tol Trans Jawa Buat Mudik, Cek di Sini!!

Lalu, Runway 3 juga memungkinkan untuk memperkecil terjadinya Return to Base atau RBT, cancel atau delay penerbangan. Tentunya kembali lagi pada keadaan cuaca dan faktor lainnya. [isr]

 

Simak berita Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.