Gempa Tektonik 3,6 Magnitudo Guncang Bukittinggi

oleh -358 Dilihat
Gempa Tektonik 3,6 Magnitudo Bukittinggi. [Foto: Dok. Stasiun Geofisika Padang Panjang]

Padang, Kabapedia.com – Gempa bumi tektonik berkekuatan 3,6 magnitudo (M) mengguncang wilayah Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), Jumat (7/4/2023) sekitar pukul 19:24:32 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 3,6. Episenter gempa terletak pada koordinat 0,27° LS ; 100.28° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 10 Km arah Barat Laut Bukittinggi, Sumbar pada kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif segmen Sianok,” beber Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang, Dr. Suaidi Ahadi, S.T, M.T
dalam rilisnya menjelaskan jenis dan mekanisme gempa bumi tersebut.

BMKG juga menjelaskan, gempa ini berdampak dan dirasakan di daerah Bukittinggi, Agam dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Selanjutnya daerah Padang Panjang II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI.

Hingga pukul 19.40 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Baca Juga: Guncangannya hingga ke Malaysia, Ini Jenis dan Mekanisme Gempa Padang Sidempuan

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa,” imbau BMKG. [isr]

 

No More Posts Available.

No more pages to load.