Mengenal Perbedaan Bahasa Minang dan Melayu

oleh -1578 Dilihat
Istana Pagaruyung, Batusangkar. [Foto: Dok. Kabapedia.com]

Oleh: Tim Redaksi

Bahasa Minang dan Melayu merupakan dua bahasa yang seringkali disamakan karena memiliki beberapa kesamaan kata dan kosa kata. Namun, sebenarnya ada beberapa perbedaan yang signifikan antara bahasa Minang dan Melayu yang dapat membedakan kedua bahasa tersebut.

Bahasa Minang dan Melayu sama-sama termasuk dalam kelompok bahasa Austronesia. Namun, bahasa Minangkabau merupakan sebuah dialek dari bahasa Melayu yang dituturkan di daerah Minangkabau, Sumatra Barat.

Berikut ini adalah perbedaan bahasa Minang dan Melayu yang perlu Anda ketahui.

1. Tata Bahasa

Perbedaan paling mencolok antara bahasa Minang dan Melayu adalah tata bahasa yang berbeda. Bahasa Melayu memiliki banyak persamaan dengan bahasa Indonesia dalam hal tata bahasa, sedangkan bahasa Minangkabau memiliki tata bahasa yang unik.

Bahasa Minangkabau menggunakan sufiks sebagai imbuhan di akhir kata, misalnya -lah, -nya, -kan, sedangkan bahasa Melayu tidak menggunakan sufiks tersebut.

2. Kosa Kata

Meskipun bahasa Minangkabau dan Melayu memiliki beberapa persamaan dalam kosakata, namun ada pula perbedaan yang cukup signifikan.

Selain itu, bahasa Minangkabau juga memiliki beberapa kosakata yang tidak ada dalam bahasa Melayu, seperti kata “lamak” yang artinya “enak” dan “juo” yang artinya “juga”.

3. Bunyi

Salah satu perbedaan yang paling mencolok antara bahasa Minang dan Melayu adalah bunyi yang dihasilkan dalam pengucapan kata. Bahasa Minangkabau memiliki pengucapan kata yang lebih lambat dan nge-hits, sedangkan bahasa Melayu memiliki pengucapan yang lebih cepat dan terdengar lebih keras.

4. Pengaruh Budaya

Karakteristik bahasa juga dipengaruhi oleh budaya dan lingkungan sosial di mana bahasa tersebut berkembang. Bahasa Minang misalnya, sangat dipengaruhi oleh adat Istiadat Minang, sedangkan bahasa Melayu dipengaruhi oleh kebudayaan Melayu.

Kesimpulannya, bahasa Minang dan bahasa Melayu memiliki beberapa perbedaan yang signifikan dalam hal tata bahasa, kosakata, bunyi, dan pengaruh budaya. Meskipun terdapat beberapa persamaan antara kedua bahasa, namun perbedaan tersebut cukup besar untuk membedakan kedua bahasa tersebut.

Baca Juga: Mendorong Terciptanya Insan Kreatif Bidang Kebahasaan

Sama seperti budaya Minangkabau yang kaya dan penuh dengan kearifan lokalnya, bahasa Minangkabau pun begitu khas dan sarat dengan unsur budaya dan adat istiadatnya. [isr]

 

Simak berita Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.