Bus Baru PO Eka Cepat Patriot TU Pakai Sasis Terbaru dari Hino

oleh -120 Dilihat
Bus Baru PO Eka Cepat Patriot TU Pakai Sasis Terbaru dari Hino. [Foto: Dok. Kabapedia.com]

Malang, Kabapedia.com – Pada hari Selasa (8/7/2024) lalu, Karoseri Moro Dadi Prima di Malang meluncurkan dua unit bus terbaru dengan warna abu-abu cerah yang sudah dikenal masyarakat Jawa Timur. Bus baru tersebut merupakan pesanan PO Eka Cepat yang menggunakan bodi Patriot TU, namun dengan tampilan yang sedikit berbeda dari model Patriot yang sudah beredar.

Baca juga:

Lantas seperti apa garangya unit baru dari PO Eka Cepat ini? Mari kita lihat lebih dekat detail tampilan bus terbaru tersebut dalam ulasan Kabapedia.com berikut ini.

Unit bus ini sebenarnya bukanlah bus dengan sasis keluaran terbaru. Kedua unit menggunakan sasis Hino RK8 yang sebelumnya menggunakan bodi Grand Turismo dan sudah sering bertugas sebagai bus patas. Pada tahun 2024 ini, unit-unit tersebut diremajakan kembali bodinya dengan model terbaru oleh karoseri asli. Kabarnya, total ada delapan unit yang sedang dirombak menjadi bodi seperti ini di Moro Dadi Prima, namun baru dua unit yang dirilis dengan nomor polisi 7806 dan 7808.

Sasis Hino RK8 ini kini tampil lebih segar dengan bodi Patriot TU double glass dari karoseri Moro Dadi Prima. Sesuai dengan kode yang ada di lambung bus, yaitu TU247M, unit pesanan PO Eka Cepat ini memiliki dimensi 3,7 meter yang setara dengan bus HDD. Beberapa bagian baru membuat tampilan bus ini terlihat berbeda dari model Patriot lainnya.

Bagian depan bus ini dilengkapi dengan aksen grille yang dapat menyala cantik, tidak sebesar milik ANS namun dengan detail yang apik. Headlamp menggunakan model bisetra Eropa dengan proyektor LED, dilengkapi dengan lampu sein alis berbingkai panel krom yang memberikan kesan elegan.

Di bagian samping, terdapat detail selendang baru dari karoseri Moro Dadi Prima yang dipasang di bawah kaca samping. Aksen selendang ini pertama kali dipasang pada produk bodi bus medium mereka dan kini diaplikasikan pada bus besar. Detail garis-garis lekukan dan panel krom bertuliskan nama Patriot memberikan sentuhan estetika tersendiri.

Sementara pada bagian belakang bus memiliki grille atau kisi-kisi yang lebih besar dan kontras. Di bagian kap mesin terdapat grille besar dan di atasnya ditambah satu grille lagi yang lebih tipis dengan palang dan bingkai krom yang elegan. Kaca belakang tetap sama dengan garnish silver bertuliskan nama Moro Dadi Prima di bagian tengahnya.

Baca juga:

Perihal interior kabin bus ini tetap nyaman dan elegan, dihiasi dengan panel bermotif kayu yang memberikan nuansa hangat. Fasilitas penumpang termasuk lover AC model Jetbus 3 dengan lampu baca dan port USB, bagasi kabin model terbuka, dan toilet di bagian belakang. Di bagian depan terdapat sekat kaca yang memisahkan kabin penumpang dengan area kru, memberikan pandangan yang tidak terhalang. [isr]

 

Ikuti Google News dan berita Kabapedia Network di KabaPadang

No More Posts Available.

No more pages to load.