Mengintip Spesifikasi Sasis Bus flagship Mercedes-Benz Terbaru

oleh -108 Dilihat
Mengintip Spesifikasi Sasis Bus flagship Mercedes-Benz terbaru, yaitu O500RSD 2445, generasi terbaru dari sasis triple axle yang telah memenuhi standar Euro 5. [Foto: Dok. ARF Info]

Jakarta, Kabapedia.com – Pada gelaran JCFEG 2024 yang berlangsung dari tanggal 7 hingga 10 Maret lalu, Daimler Commercial Vehicle Indonesia turut serta memamerkan produk-produk terbaru mereka. Berlokasi di Booth 1 Hall B Gedung JCC Senayan, Mercedes-Benz menampilkan tiga unit bus terbaru mereka, dua di antaranya sudah menggunakan bodi, sementara satu unit lainnya masih berupa sasis. Sasis ini merupakan produk flagship terbaru Mercedes-Benz, yaitu O500RSD 2445, generasi terbaru dari sasis triple axle yang telah memenuhi standar Euro 5.

Baca juga:

Sasis Mercedes-Benz O500RSD 2445 tampil dengan dimensi yang lebih panjang dari pabrikannya, serta dilengkapi besi pelindung tambahan di sisi-sisinya. Hal ini untuk memudahkan pengunjung melihat keseluruhan dimensi sasis baru tersebut. Sasis triple axle ini bisa dipasangkan dengan bodi single decker maupun double decker, dengan perbedaan pada spesifikasi axle depan. Untuk sasis tipe double decker, axle depan dibuat lebih maju agar kabin deck bawahnya lebih luas.

Sasis ini dilengkapi dengan suspensi udara dan memiliki Gross Vehicle Weight (GVW) hingga 24 ton. Meskipun GVW-nya turun 1 ton dari generasi sebelumnya, sasis ini menawarkan kenyamanan dan stabilitas yang lebih baik berkat konstruksi suspensi axle depan yang unik. Balon suspensi depan tidak hanya berada di bawah sasis, tetapi posisinya lebih tinggi, memberikan bantingan yang lebih nyaman dan stabil.

Mercedes-Benz O500RSD 2445 ditenagai oleh mesin diesel OM 460 LA, mesin 6 silinder segaris berkapasitas 12,8 liter yang dapat menghasilkan tenaga maksimal hingga 449 HP pada 1.880 RPM dan torsi maksimal 2.200 Nm pada 1.100 RPM. Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi otomatis dari Mercedes-Benz, ZF TraXon 12 yang memiliki fitur overdrive dan direct drive, serta dilengkapi dengan sistem pengereman tambahan berupa retarder dan accelerator brake system.

No More Posts Available.

No more pages to load.