Bertemu Dubes AS, Ketua DPRD Sumbar Ingatkan Hal Ini ke Alumni AAA-WS

oleh -272 Dilihat
Ketua DPRD Sumbar, Supardi saat menghadiri Sosialisasi Pendidikan Amerika dan Inagurasi Kepengurusan Asosiasi American Alumni Association West Sumatra (AAA-WS), Selasa (7/2). [Foto: Kabapedia.com]

Padang, Kabapedia.com – Sumatra Barat (Sumbar) merupakan provinsi hebat dan harus dipimpin oleh orang yang memiliki kapabilitas secara intelektual maupun bisa membuka akses terhadap hubungan mancanegara.

“Dari kemampuan tersebut, diharapkan bisa memberikan dampak positif terhadap pembangunan di seluruh sektor, termasuk Sumber Daya Manusia (SDM),” ujar Ketua DPRD Sumbar, Supardi saat menghadiri Sosialisasi Pendidikan Amerika dan Inagurasi Kepengurusan Asosiasi American Alumni Association West Sumatra (AAA-WS), Selasa (7/2/2023).

“Sumbar adalah provinsi yang hebat dan harus dipimpin oleh tokoh luar biasa, bukan ecek-ecek ” katanya di lokasi acara yang dilangsungkan di Gedung Youth Center, Kota Padang.

Supardi mengatakan, dengan adanya wadah seperti AAA-WS, diharapkan para pelajar bisa diberikan kemudahan akses untuk memperkaya wawasan menempuh pendidikan di Amerika.

“Jadi jangan sia-sia kan kesempatan yang ada didepan mata,” pesan dia.

Melihat pada masa lalu, lanjutnya, Sumbar merupakan daerah dimana negeri-negeri tetangga seperti Malaysia, Thailand bahkan Singapura belajar menuntut ilmu di Nagari Minangkabau namun sekarang hal itu tidak terjadi lagi, pelajar Sumbar yang belajar kesana.

“Tidak hanya negara tetangga, provinsi tetangga pun dahulu belajar ke Sumbar, ” katanya.

Dia menyampaikan, pada tahun 2023 hubungan mancanegara dalam fokus pendidikan jangan hanya dengan Amerika saja, buka juga akses dengan negara-negara eropa atau yang lainnya, kerana hal itu merupakan salah satu cara untuk melahirkan bibit unggul di masa depan.

Sementara itu Wakil Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Michael F.Kleine mengatakan, dengan adanya program AAA-WS untuk masyarakat Sumbar khususnya Kota Padang, akan membuka sejumlah akses dengan AS, tidak hanya untuk pendidikan, namun juga jalur perdagangan hingga pengembangan sektor kesehatan.

“Jadi banyak pihak yang akan diuntungkan dengan program ini, ketika ada pelajar mendapatkan pendidikan lebih di AS, maka nantinya mereka akan kembali lagi ke Sumbar untuk menerapkan ilmu-ilmu yang didapatkan, di masa depan ini akan menjadi hubungan strategis antara Sumbar dan AS,” katanya.

Dia mengatakan, para alumni AAA-WS merupakan wadah kolaborasi untuk para pelajar yang akan memulai karir pendidikan ke AS, mereka akan berbagi ilmu dan pengalaman agar niat untuk menuntut ilmu lebih optimal.

Selain menghadirkan Inagurasi AAA-WS Wakil Dubes AS juga memboyong group beatbox (musik yang dihasilkan oleh mulut) asal Amerika Serikat, “The Beatbox House” untuk tampil di hadapan mahasiswa, siswa SMA dan SMP Kota Padang.

The Beatbox House dihadirkan dalam program American Music Abroad, program untuk memperkenalkan musik yang populer di AS. Selain unjuk kebolehan, The Beatbox House juga berbagi ilmu tentang mengolah suara menggunakan mulut sehingga bisa menyerupai beberapa alat musik.

Baca Juga: DPRD Sumbar Susun Regulasi Kesejahteraan Petani

Sementara itu salah satu Founder AAA-WS Romeo Rissal mengatakan AAA-WS adalah wadah alumni universitas dan program khusus pemerintah AS dan Indonesia yang pernah menjalani program di Amerika Serikat, serta berafiliasi dengan Provinsi Sumatera Barat.

“Asosiasi ini diharapkan menjadi wadah berkolaborasi dan berkontribusi untuk pembangunan daerah dan penguatan hubungan Indonesia – AS,” tutup dia. [*/Kpd]

 

Baca berita lainnya Kabapedia.com di Google News 

No More Posts Available.

No more pages to load.