8 Bandara Terbesar dan Termegah di Sumatra, Bandara BIM Nomor Berapa?

oleh -2460 Dilihat
Bandara Internasional Minangkabau. [Foto: Dok Dishub Sumbar]

Padang, Kabapedia.com – Kehadiran bandar udara (bandara) di satu provinsi merupakan fasilitas strategis untuk saat ini. Termasuk juga di Indonesia, kehadiran Bandara yang memadai di tiap pulau atau daerah sangatlah punya peran penting.

Untuk wilayah di Pulau Sumatra, tahukah kamu terdapat 2 bandara yang merupakan bandara dengan total lahan terluas nomor 2 dan 3 di Indonesia. Di manakah ya bandara-bandara itu? Dan apa saja bandara-bandara paling besar di wilayah Sumatera? Nah kali ini kita bakal membahas daftar 8 bandara terluas di wilayah Sumatra.

Namun perlu dicatat, terluas yang dimaksud ialah dari luas bangunan terminalnya saja, bukan berdasarkan dari luas lahan, karena ada beberapa bandara yang memiliki lahan yang cukup luas namun sepi penumpang. Hal ini dikarenakan terminal penumpang yang kecil dan rute penerbangan yang sepi.

Inilah 8 bandara terluas di Pulau Sumatra:

8. Bandara Internasional Raden Inten II

Bandara Internasional Raden Inten II. [Foto: Dok. Facebook]
Bandara yang berlokasi di Kabupaten Lampung Selatan Ini baru saja naik kelas menjadi bandara internasional pada tahun 2018 lalu. Penerbangan internasional pertama ialah rute Kuala lumpur – Lampung pada pertengahan 2019 lalu.

Namun sayang penerbangan internasional itu tidak bertahan karena situasi pandemi. Namun saat ini setelah pandemi meredup penerbangan internasional di bandara ini kembali dioperasikan.

Dengan gedung terminal baru yang diresmikan 2019 lalu, kini Bandara Raden Intens 2 mampu menampung 3 juta penumpang per tahun, dengan luas gedung terminal 9.650 m². Gedung terminal yang baru ini menerapkan eco airport, dengan sistem pencahayaan dari sinar matahari dan lampu LED yang lebih ramah lingkungan.

Gedung terminal yang lebih modern tanpa meninggalkan kesan budaya Lampung ini juga dilengkapi dengan gedung parkir khusus setinggi 4 lantai.

Baca Juga: 5 Bandara Termegah di Indonesia, Salah satunya jadi Bandara Terbaik di Dunia

Saat ini bandara internasional ke berbagai daerah di Sumatra dan sebagian Pulau Jawa dengan panjang landasan pacu mencapai 2.770 m, bandara ini dapat didarati oleh pesawat jenis Boeing 737.

 

Baca berita lainnya Kabapedia.com di Google News 

No More Posts Available.

No more pages to load.