Ali Tanjung Mundur dari Calon Ketua DPC Demokrat Pessel, Ternyata Ini Alasannya

oleh -468 Dilihat
Ali Tanjung (paling kiri) saat menghadiri Muscab Serentak Gelombang II DPC Partai Demokrat se-Sumbar. [Foto: Dok. Kabapedia.com]

Padang, Kabapedia.com – Ketua Komisi III DPRD Sumatra Barat (Sumbar), Ali Tanjung mengungkapkan dirinya mundur sebagai calon Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), karena kepentingan partai.

Dia mengungkapkan kalau keputusan mundur dalam Muscab Serentak Gelombang II DPC Partai Demokrat se-Sumbar tersebut, untuk memberikan kesempatan kepada Jalamus Yatim maju sebagai Ketua DPC Pessel.

“Hal ini dilakukan agar mempercepat Ketum DPP Agus Harimurti Yudhoyono memberikan keputusan menunjuk Ketua DPC Pesisir Selatan, kalau calonnya banyak maka akan cukup lama dalam pengambilan keputusan,” kata dia di Padang, Selasa (7/3/2023).

“Apalagi saat ini, saya juga Ketua Komisi III DPRD Sumbar dan Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Sumbar. Terlalu banyak habis waktu di Padang,” tambah Ali Tanjung.

Ali juga mengaku bebannya sebagai wakil rakyat sudah berat. Dia khawatir tak mampu bekerja maksimal untuk memenangkan partai belambang mercy tersebut.

Ia mengatakan ini semua adalah kemenangan Partai Demokrat. Sebagai kader Demokrat, kata Ali, ia tidak akan mau diadu domba oleh siapapun.

“Jamalus Yatim adalah adik saya. Saya mendukung beliau agar cepat dapat keputusan jadi Ketua DPC Partai Demokrat Pesisir Selatan,” katanya.

Ketua Komisi III DPRD Sumbar itu menjelaskan dirinya bukan kalah dalam pertarungan pemilihan Ketua DPC partai dalam Muscab serentak gelombang kedua tersebut.

Menurut dia dalam AD/ART Partai Demokrat yang baru, Muscab hanya bisa mencalonkan dan merekomendasikan ketua DPC dan tidak lagi memutuskan.

“Dalam muscab, hanya tiga nama yang bisa diusulkan ke DPP dan selanjutnya, nama-nama tersebut, akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan atau fit & proper test oleh Tim Lima,” kata dia.

Ia menjelaskan Tim lima itu sendiri terdiri dari Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Sekjen (Teuku Riefky Harsya),Kepala BPOKK (Herman Haeron), Ketua DPD (Mulyadi) dan Sekretaris DPD (Doni Harsiva Yandra).

“Dalam Muscab tadi malam, saya mengundurkan diri agar hanya satu nama yaitu Jamalus Yatim yang dikirim ke DPP,” kata dia.

Ia mengatakan Pemilu 2024 sudah semakin dekat dan dirinya tak ingin, banyak waktu dan energi yang dihabiskan dalam pemilihan tersebut.

Baca Juga: Muscab Gelombang II Demokrat Sumbar Tetapkan 6 Nama Ketua DPC

“Alangkah lebih baik, itu semua diperuntukkan untuk memenangkan Partai Demokrat pada Pemilu 2024 nanti dan Setelah mengingat segala sesuatunya, saya menyatakan mengundurkan diri,” tutup dia. [isr]

 

Baca berita lainnya Kabapedia.com di Google News 

No More Posts Available.

No more pages to load.