Jalan Padang-Bukittinggi Putus Akibat Banjir Lahar Dingin Marapi

oleh -665 Dilihat
Banjir lahar dingin dilaporkan menerjang kawasan di sekitar Gunung Marapi, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), pada Jumat (5/4/2024) sekitar pukul 16.00 WIB. [Foto: Dok. Instagram/@polres_padang_panjang]

Padang, Kabapedia.com – Banjir lahar dingin dilaporkan menerjang kawasan di sekitar Gunung Marapi, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), pada Jumat (5/4/2024) sekitar pukul 16.00 WIB.

Informasi dihimpun Kabapedia.com, banjir lahar dingin menerjang beberapa titik di wilayah sekitar aliran sungai yang berhulu di gunung tersebut. Salah satu daerah yang terdampak adalah Simpang Bukik Lasi, Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam.

Banjir lahar dingin mengakibatkan jembatan penghubung antara Simpang Bukik dengan daerah Lasi jebol. Kondisi ini menyebabkan akses transportasi dari Lasi dialihkan ke daerah Biaro, Kecamatan Canduang.

Dari unggahan video di akun Instagram @polres_padang_panjang memperlihatkan bahwa banjir dengan air berwarna coklat yang berasal dari Gunung Marapi dengan deras mengalir di jalan. Selain itu banjir tersebut juga terjadi di Simpang Aie Angek, Kecamatan X koto.

Tidak hanya itu banjir juga terjadi di Bukik Batabuah dan memutus jalan Bukik Batabuah Lasi, serta ke Aia Angek dan memutus jalan padang Bukittinggi, dan di Batipuah.

Brigpol Hari Eko dari Satlantas Polres Padang Panjang melalui akun Instagram resmi Polres Padang Panjang mengatakan, Jalan Padang-Bukittinggi di Aia Angek X Koto tidak dapat dilewati karena banjir lahar dingin.

No More Posts Available.

No more pages to load.