Tiga Keunggulan Sasis Bus Premium Mercedes Benz OC 500 RF

oleh -361 Dilihat
Fakus pada keselamatan. Salah satu kebilebihan sasis Mercedes Benz OC 500 RF. [Foto: Dok. Mercedes Benz]

Jakarta, Kabapedia.com – varian OC 500 RF merupakan salah satu sasis bus premium produksi pabrikan otomotif ternama Eropa, Mercedes Benz. Soal kualitas varian yang satu ini tak perlu kamu ragukan lagi.

Ya, Mercedes Benz telah menguji sasis baru secara intensif. Ini termasuk uji ketahanan dan uji hidropulser dari masing-masing komponen seperti gandar dan tangki.

Kualitas mesin baru, juga, telah diuji di bawah kondisi yang paling sulit mulai dari lingkaran es kutub, hingga panas dan debu Afrika Selatan, untuk digunakan pada bus lengkap atau truk dengan berat kombinasi bruto yang diizinkan hingga 40 ton.

Pengujian juga mencakup beban yang sangat ekstrem, sehingga tidak pernah terjadi dalam pengoperasian bus wisata yang sebenarnya. Semua untuk satu tujuan: memberikan kesan perjalanan yang aman, canggih, efisien secara ekonomi, dan ramah lingkungan.

Di Indonesia sendiri, sasis tipe ini sudah banyak digunakan Perusahaan Otobus dalam melayani penumpangnya, yang tentunya terlebih dahulu dibalut bodi yang mentereng oleh perusahaan karoseri.

Nah, bicara keunggulan, berikut 3 keunggulan sasis OC 500 RF, ulasan Kabapedia.com yang disadur langsung dari pihak Mercedes Benz.

1. Lima Modul Lebih dan Fleksibilitas

Penampakan sasis Mercedes Benz OC 500 RF. [Foto: Dok. Mercedes Benz]
Konsep modular OC 500 RF Euro VI dari Mercedes Benz didasarkan pada konsep kendaraan yang telah dicoba dan diuji, dan memungkinkan fleksibilitas sebesar mungkin sambil memastikan variasi yang luar biasa.

Dengan berat kotor 19 t, sasis sepenuhnya memenuhi berbagai persyaratan pasar dan, berkat berbagai solusi bodi, lebar dan panjang yang tersedia, memastikan fleksibilitas maksimal.

Dengan “penyatuan”, sasis menampilkan mesin Euro VI yang efisien, berkinerja tinggi, dan andal. Sejumlah besar transmisi bus yang telah terbukti dan poros penggerak baru melengkapi drivetrain.

Selain itu, OC 500 RF memiliki konsumsi bahan bakar yang sangat rendah, serta interval perawatan yang lama dan berbagai kemungkinan bidang aplikasi. Keselamatan yang dihasilkan dari teknologi paling modern (ABS, ESP®, AEBS, SPA) dan tambahan kenyamanan berupa instrumen tampilan baru untuk pengemudi dan kontrol level untuk penumpang menjadikan sasis konsep keseluruhan yang kuat.

2. Ekonomi & Teknologi

Sasis Mercedes Benz OC 500 RF. [Foto: Dok. Mercedes Benz]

Mercedes-Benz secara tradisional memainkan peran perintis dalam pengembangan teknologi sistem penggerak inovatif yang ramah lingkungan. Dengan teknologi BlueEFFICIENCY Power, Mercedes-Benz kembali menetapkan tolok ukur.

Sekarang, teknologi canggih dari pengembangan sistem bus lengkap juga tersedia di OC 500 RF dan memastikan emisi yang lebih rendah dan efisiensi ekonomi yang lebih tinggi.

Itu karena, berkat mesin BlueTEC® yang efisien dan bertenaga, para insinyur berhasil mengurangi konsumsi bahan bakar lebih lanjut, meskipun telah memperkenalkan teknologi Euro VI.

Selain itu, masa pakai layanan dan interval perawatan yang dapat digunakan juga dapat ditingkatkan. Hal ini menghasilkan total biaya kepemilikan yang sangat baik sepanjang umur bus.

3. Fokus Pada Keselamatan

Fakus pada keselamatan. Salah satu kebilebihan sasis Mercedes Benz OC 500 RF. [Foto: Dok. Mercedes Benz]
Bus adalah salah satu moda transportasi teraman dan ternyaman di dunia. Inovasi dari Mercedes-Benz telah memberikan kontribusi yang menentukan untuk ini – dan menjadikan OC 500 RF sebagai pelopor di jalan raya.

Secara tradisional, keselamatan selalu dijunjung tinggi di Mercedes-Benz. Semua sasis bus dilengkapi dengan sistem pengereman yang sangat responsif dan dikontrol secara elektronik dengan rem cakram serba guna, serta sistem rem anti-lock (ABS) dan fungsi Brake Assist standar ( BA).

Ini meningkatkan gaya pengereman hingga maksimum dalam sepersekian detik dalam situasi pengereman darurat, sehingga mengurangi jarak pengereman. Program Stabilitas Elektronik (ESP®) dengan akselerasi skid control (ASR) membantu pengemudi menguasai situasi penanganan kritis.

Baca Juga: Mengenal Bus Sprinter City, Minibus Terbaik Produksi Mercedes Benz

Sebagian besar kecelakaan dimulai jauh sebelum tabrakan yang sebenarnya: dengan kehilangan konsentrasi, jarak pandang yang buruk, atau bahaya yang tidak dapat diantisipasi. Itulah mengapa konsep keselamatan Mercedes-Benz menerapkan serangkaian tindakan untuk mendukung berkendara yang aman dalam pengoperasian sehari-hari dan membantu Anda mengatasi situasi kritis. [isr]

 

Simak berita Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.