Sprinter Reborn!! PO Tividi Rilis 3 Unit Bus Costum Jetbus F17

oleh -1191 Dilihat
Bus Costum Jetbus F17 PO Tividi yang dibuat Karoseri Adiputro. [Foto: Dok. Garasibus Adiputro]

Jakarta, Kabapedia.com – Perusahaan Otobus (PO) Tividi merilis 3 unit bus terbaru pada 15 Februari 2023 lalu, yang baru saja keluar dari Karoseri Adiputro, Malang. Semua unit baru ini memiliki clear yang serupa serta dengan hiasan desain livery terbaru mereka.

Dilansir Kabapedia.com dari unggahan vieo di kanal YouTube ARF Bus Channel, Minggu (26/2/2023), tiga unit ini terlihat menggunakan sasis terbaru dari Hino pula, yakni RM 280 versi ABS yang sudah air suspension, dan dipadu dengan body Jetbus 3 tipe SHD yang masih menggunakan model double glass, lengkap dengan bando pemisah di kaca depannya.

Tapi jika diperhatikan lagi, ternyata ada detail yang sedikit berbeda pada body pesanan PO Tividi ini. Yang berbeda ada di bagian body sampingnya karena tidak ada selendang ala voyager di sana. Selain itu kode bodynya juga sedikit unik yakni Jetbus F17. Jadi daripada bingung mari kita bahas aja apa arti dari kode tersebut, dan ada perubahan apa saja pada body satu ini. Selengkapnya simak ulasan ini hingga akhir.

Tampak samping Bus Costum Jetbus F17 PO Tividi yang dibuat Karoseri Adiputro. [Foto: Dok. Garasibus Adiputro]
PO Tividi maupun PO Efisiensi memang selalu memberikan kode-kode unik pada body bus pesanannya. Begitu juga pada 3 unit bus terbarunya ini, yang mereka beri nama Jetbus F17. Namun ini bukan kode yang diberikan oleh pihak Karoseri Adiputro untuk varian body custom ini.

Infonya F17 merupakan kode nama permintaan dari owner Tividi sendiri yang berasal dari inisial nama anak dari sang owner, yakni Freddy 17. Diketahui ini bukan kali pertama kode unik disematkan PO Tividi dan Efisiensi. Mereka sebelumnya juga banyak memberikan kode nama Jetbus Max ke unit bus pesanan mereka. Namun pada unit pesanan kali ini kami rasa juga terlihat lebih spesial karena kode F17 hadir bersamaan dengan model Jetbus Custom yang mereka pesan.

Jetbus Custom tampil tanpa selendang voyager dan kini digantikan dengan aksen garnish kecil, yang terlihat seperti body sprinter di zaman dulu. Jadi kode F17 juga bisa menjadikan identitas dari model garnish alas printer di body Jetbus keluaran terbaru ini. Dan kedepannya pasti akan diingat-ingat terus tentunya.

Little custom di unit pesanan PO Tividi ini sepertinya hanya di bagian selendang sampingnya saja. Tampilannya kini jadi lebih simpel dan bersih karena tidak ada selendang tebal yang menempel di kaca sampingnya. Selendang memanjang di bagian atas kaca samping juga ikut menghilang dan hanya menyisakan lampu kota khat netra di pilar z nya. Jadi hiasan pada body samping bus ini hanya garnish sirip kecil ini saja.

Bagian kabin penumpang Bus Costum Jetbus F17 PO Tividi yang dibuat Karoseri Adiputro. [Foto: Dok. Garasibus Adiputro]
Tapi kalau diperhatikan lagi, sebenarnya garnish ini masih berasal dari bagian selendang Jetbus 3 mereka, lebih tepatnya bagian atas dari selendang voyager yang ada lampunya itu, lalu dipotong bagian kecilnya ini saja dan ditempel terbalik di body Jetbus F17 milik PO Tividi. Jadi kalau diperhatikan bentuknya sama, api herannya kok bisa pas terpasang di bodi bus ini. Jadi terlihat mirip sama garnish body sprinter dahulu.

Baca Juga: Mengenal Sasis Premium Lambang Kenyamanan Bus Tahun 2000-an

Bagusnya juga, lampu kotak kuning khas Jetbus masih tetap dipertahankan di body ini. Tapi coba kalau ada hiasan garis krom di samping garnish ini yang memanjang sampai ke belakang, pasti terlihat lebih menarik dan elegan lagi.

Sebenarnya detail lain masih sama seperti standar body Jetbus 3 series lainnya. Begitupun juga di bagian interior kabinnya, yang tampilannya masih serupa. Jadi bagaimana menurut kalian tampilan dari body Jetbus F17 ala PO Tividi ini. [isr]

 

Baca berita lainnya Kabapedia.com di Google News 

No More Posts Available.

No more pages to load.