Mengenal Sasis Premium Lambang Kenyamanan Bus Tahun 2000-an

oleh -1064 Dilihat
Bus PO Metropolitan salah satu kendaraan yang mengunakan sasis premium Volvo B7R. [Foto: Ist]

Jakarta, Kabapedia.com – Raja merek kendaraan komersial saat ini terbilang sudah banyak dan berasal dari berbagai negara luar, yang akhirnya memberikan pilihan yang beragam bagi pasar transportasi bisnis di Indonesia.

Apalagi di tahun 2000-an lalu Indonesia terasa seperti kebanjiran oleh sasis bus premium dari berbagai merk pabrikan Eropa. Karena mulai saat itu banyak masuk ke tanah air berbagai merek sasis yang terbilang masih anti mainstream, seperti Scania, Man dan juga Volvo.

Produk Sasis bus dari merek-merek ini masuk dengan spesifikasi tidak biasa, karena sudah menawarkan mesin yang sangat bertenaga, kenyamanan tinggi berkat fitur suspensi udara, hingga banyak teknologi keselamatan canggih lainnya.

Salah satu sasis premium yang masuk saat itu dan masih terkenal akan kenyamanannya adalah Volvo dengan tipe sasis B7R-nya. Dulu banyak operator bus yang menggunakan sasis premium satu ini. Lalu seperti apa spesifikasi lengkap dari sasis Volvo B7R? Silahkan simak tulisan kali ini.

Volvo merupakan salah satu merek perusahaan otomotif asal Swedia, yang terkenal akan kenyamanan dan beragam fitur keselamatan pada produk kendaraannya. Di era tahun 90-an merek Volvo juga sangat lekat dengan kendaraan eksekutif di Indonesia. Dulu sasis tersebut banyak menjadi mobil dinas para pejabat negara setingkat menteri dan anggota dewan.

Bus PO Metropolitan salah satu kendaraan yang mengunakan sasis premium Volvo B7R. [Foto: Ist]
Sasis Volvo sendiri baru masuk ke pasar Indonesia di era tahun 2000-an lalu. Tipe sasis pertama yang masuk merupakan sasis bus besar, bermesin belakang dengan kode B7R. Kabarnya saat itu operator bus pertama yang menggunakan sasis ini adalah PO Sumber Alam.

Rumornya, bodi yang menempel pada dua sasis Volvo pertama ini dikerjakan hanya dalam waktu 28 hari saja oleh Karoseri Laksana Ungaran. Hal ini karena pihak PT Indotruck sebagai APM Volvo saat itu, akan menggunakan dua unit bus ini untuk peresmian dan promo ke perusahaan otobus lain di Indonesia.

No More Posts Available.

No more pages to load.