Rahasia Penjual Kopi Keliling Ini Bangkit Dari Kehancuran

oleh -111 Dilihat
Rahasia Penjual Kopi Keliling Ini Bangkit Dari Kehancuran. [Grafis: Dok. YouTube/Pecah Telur]

Semarang, Kabapedia.com – Sebuah kisah inspiratif datang dari Mas Reza, seorang pedagang keliling yang berhasil bangkit dari keterpurukan ekonomi dengan usaha kopi keliling. Berawal dari usaha jualan ikan yang bangkrut dan hutang menumpuk, Mas Reza menemukan kembali semangatnya untuk bangkit.

Baca juga:

Setelah kehilangan semua asetnya, termasuk motor dan mobil, Mas Reza meminjam uang dari mertuanya sebesar Rp4 juta. Dengan uang tersebut, ia membeli peralatan untuk berjualan kopi keliling dan meminjam motor dari budenya. Pada awalnya, penghasilan dari jualan kopi hanya Rp10.000 hingga Rp20.000 per hari, namun ia tidak menyerah dan terus berusaha.

Mas Reza kemudian menemukan pasar yang tepat di sebuah perumahan baru dan Kawasan Industri di Semarang, di mana ia bisa mendapatkan penghasilan lebih stabil. Melalui saran dari seorang satpam, ia memanfaatkan peluang yang ada dan berhasil meningkatkan penghasilannya hingga Rp70.000 – Rp100.000 per hari.

Tidak berhenti di situ, Mas Reza juga memulai usaha sosis bakar untuk menambah penghasilan. Melalui kerja kerasnya, ia menyadari bahwa usaha kopi keliling hanyalah batu loncatan. Ia memanfaatkan penghasilannya untuk merintis usaha ternak lele, sayuran kangkung, ayam broiler, serta bercita-cita memiliki kebun vanili dan domba.

Keberhasilan Mas Reza tidak lepas dari dukungan keluarganya. Pinjaman dari mertuanya sangat membantu memulai kembali usahanya. Selain itu, dukungan komunitas di grup Facebook “Pecah Telur” menjadi sumber motivasi dan inspirasi bagi Mas Reza. Grup ini merupakan tempat berbagi cerita sukses dan tantangan dalam menjalankan usaha, memberikan semangat bagi anggotanya untuk terus berjuang.

Mas Reza menyadari pentingnya diversifikasi sumber penghasilan. Selain kopi keliling, ia merintis usaha sosis bakar yang lebih stabil dan memiliki prospek jangka panjang. Selain itu, ia juga mulai menanam kangkung dan semanggi di lahan kecil milik keluarganya serta merencanakan budidaya lele. Dengan strategi ini, Mas Reza berharap dapat menciptakan sumber penghasilan yang berkelanjutan dan tidak bergantung pada satu usaha saja.

Baca juga:

Dalam jangka panjang, Mas Reza bercita-cita memiliki usaha yang lebih besar dan beragam, termasuk peternakan ayam broiler dan kebun vanili. Ia juga ingin terus mengembangkan komunitas di “Pecah Telur” untuk saling berbagi inspirasi dan pengalaman dalam dunia usaha. Kisahnya membuktikan bahwa dengan tekad kuat dan dukungan dari keluarga serta komunitas, seseorang bisa bangkit dari keterpurukan dan meraih kesuksesan. [isr]

 

Ikuti Google News dan berita Kabapedia Network di KabaPadang

No More Posts Available.

No more pages to load.