Pimpin UNP 2 Periode, Ganefri Mau Sosok Rektor Baru Kriteria Ini

oleh -377 Dilihat
Rektor UNP, Prof. Ganefri menyerahkan SK pembukaan Prodi Psikologi secara langsung di sela-sela prosesi wisuda ke-133 UNP yang digelar di Auditorium kampus tersebut, Minggu (17/12/2023). [Foto: Dok. Humas UNP]

Padang, Kabapedia.com – Masa tugas Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Prof. Ganefri bakal berakhir 4 Juni 2024 mendatang. Saat ini kampus yang identik dengan keguruan tersebut tengah mencari rektor baru untuk masa tugas 2024-2029.

Sebagai Rektor yang memimpin UNP selama hampir dua periode, ternyata Prof. Ganefri punya kriteria khusus sosok rektor baru yang bakal menggantikan dirinya. Hal ini diungkap akademisi berusia 61 tahun tersebut saat menggelar jumpa pers Pemilihan Rektor (Pilrek) bersama jajaran panitia pelaksana (Panpel) Pilrek, di kampus tersebut, Rabu (23/1/2024).

Untuk diketahui UNP saat ini tengah gelar proses Pilrek periode 2024-2029. Penjaringan dilakukan seiring masa tugas Rektor UNP saat ini Prof. Ganefri bakal berakhir pada 4 Juni 2024 mendatang. Nantinya para calon yang telah mendaftar bakal dipilih oleh Majelis Wali Amanat (MWA) yang beranggotakan 17 orang, termasuk suara Menteri Pendidikan.

Prof. Ganefri selaku Anggota MWA menerangkan, UNP mencari sosok Rektor 2024-2029 berkualitas internasional dan mendedikasikan dirinya 24 jam untuk UNP. Menurut dia, keinginan ini dilatari tantangan dihadapi UNP di masa depan, yang baru dua tahun berstatus PTN Berbadan Hukum.

Ganefri berharap rektor yang terpilih nantinya mampu berpikir tantangan masa depan atau future, dan juga berpikir entrepreneur.

“Yang dimaksud dengan entrepreneur itu adalah orang mampu membeli masa depan dengan harga sekarang. Artinya apa dia mampu berpikir jauh kedepan, dia sudah akan memprediksi apa yang akan terjadi dalam 10-20 tahun kedepan,” jelas Ganefri.

Menurut dia hal ini sangat diperlukan demi mewujudkan tujuan agar UNP masuk dalam jajaran 800 Universitas Kelas Dunia.

Baca juga:

“Saat ini peringkat kita baru di kisaran 1.200 dunia, saya berharap rektor baru nantinya bisa membawa UNP minimal menembus peringkat 800 dunia,” tegas dia. [isr]

 

Ikuti Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.