One Way Sicincin – Bukittinggi Diuji Coba, Mahyeldi: Kita Sudah Melakukan Kajian

oleh -455 Dilihat
Gubernur Sumbar Mahyeldi secara resmi memulai uji coba one way (satu arah) Jalur Sicincin - Bukittinggi, Sabtu (8/4/2023). [Foto: Dok. Pemprov Sumbar]

Bukittinggi, Kabapedia.com – Uji coba one way (satu arah) Jalur Sicincin – Bukittinggi resmi diberlakukan pada Sabtu (8/4/2023) pukul 12.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Mahyeldi, melepas secara resmi acara uji coba tersebut dengan menggunakan bendera.

Gubernur Mahyeldi menegaskan, sebelum uji coba pihaknya telah melakukan kajian dengan seluruh stakeholder terkait, seperti Dinas Perhubungan baik di provinsi maupun kabupaten, serta Ditlantas Polda Sumbar.

Menurut Dia uji coba ini dilakukan untuk mengatur dan mengendalikan lalu lintas antara Padang – Bukittinggi, terutama untuk mengurangi kepadatan di jalur tersebut.

“Alhamdulillah kita mulai hari ini uji coba untuk pengaturan pengendalian lintas Padang – Bukittinggi. Jalur yang padat itu Padang – Bukittinggi, sehingga waktu tempuhnya berkurang, ini juga untuk mengantisipasi lonjakan perantau yang pulang kampung,” jelas Mahyeldi.

Gubernur berharap, uji coba ini dapat memberikan manfaat dan memberikan pelayanan yang lebih baik dan aman bagi pengguna jalan raya.

“Kami berharap pengendara mematuhi apa yang sudah diarahkan. Ini untuk kebaikan kita semua,” ujarnya.

Sementara itu Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sumbar, Kombes Pol Hilman Jaya mengatakan, sebelum uji coba dimulai, kendaraan dari Bukittinggi menuju Padang sudah dialihkan ke jalur Malalak agar tidak bertabrakan dengan kendaraan dari bawah (Sicincin – Bukittinggi). Sejumlah petugas dari tim gabungan juga disiagakan di Simpang Tiga Sicincin, Padang Pariaman.

“Dimulai jam 12.00 WIB, namun untuk kendaraan dari Bukittinggi menuju Padang sudah kita stop dan dialihkan ke jalur Malalak agar tidak bertabrakan dengan kendaraan dari bawah (Sicincin – Bukittinggi),” ujar Hilman Jaya.

Baca Juga: 100 Ribu Pemudik Diprediksi Masuk Sumbar, Ini Langkah Antisipasi Pemprov

Dia optimis dengan dilakukannya uji coba one way jalur Sicincin – Bukittinggi ini, dapat memberikan pelayanan mudik yang lebih baik dan aman bagi pengguna jalan raya serta membantu mengurangi kepadatan di jalur Padang – Bukittinggi. [isr]

 

Simak berita Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.