Mudik kee Sumbar Makin dekat Lewat Tol Pekanbaru – Bangkinang, Cuma 30 menit dan Segini Tarifnya

oleh -852 Dilihat
Tol Pekanbaru - Bangkinang. [Foto: Dok. Hutama Karya]

Pekanbaru, Kabapedia.com – Mudik ke Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) semakin dekat lewat Tol Pekanbaru – Bangkinang, cuma 30 menit dan segini tarifnya. Kehadiran akses jalan tol makin memudahkan penduduk di Pulau Sumatra. Untuk tahun 2023 ini saja ada belasan ruas jalan tol di Sumatra telah tersambung dan siap dilewati pada mudik lebaran Idul Fitri.

Dari total 12 ruas Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) yang sudah beroperasi dengan total panjang 738,46 km, salah satunya yakni Tol Pekanbaru – Bangkinang, yang dalam waktu dekat bakal terhubung ke wilayah Sumatra Barat (Sumbar) dengan Jalan Tol Padang – Pekanbaru.

Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang adalah jalan tol yang menghubungkan Kota Pekanbaru dengan Bangkinang dengan panjang 31 Km. Jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Pekanbaru-Padang yang memiliki panjang 254 Km.

Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang mulai beroperasi pada Oktober 2022 dan ditetapkan tarifnya pada Desember 2022.

Jalan tol ini diharapkan dapat meningkatkan kelancaran logistik dan mengurangi waktu tempuh perjalanan antarwilayah. Jarak dari Pekanbaru – Bangkinang jika melewati jalan nasional adalah sekitar 58,8 Km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 40 menit, sedangkan jika melewati jalan tol hanya sekitar 30 menit.

Tarif jalan tol Pekanbaru-Bangkinang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri PUPR Nomor 1293/KPTS/M/2022 dan mulai berlaku pada 25 Desember 2022. Tarif tersebut berdasarkan golongan kendaraan sebagai berikut:

Golongan I (seperti mobil penumpang) : Rp 33.500
Golongan II dan III (seperti bus dan truk) : Rp 50.500
Golongan IV dan V (seperti truk besar) : Rp 67.000

Baca Juga: Tol Bengkulu – Taba Penanjung, Profil dan Tarif Lengkap

Tarif tersebut berlaku untuk perjalanan dari Pekanbaru ke Bangkinang maupun sebaliknya. [isr]

 

Baca berita lainnya Kabapedia.com di Google News 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.