Mengenal Ampiang Dadih, Minuman Tradisional Minangkabau yang Ampuh Turunkan Kolesterol!!

oleh -300 Dilihat
Minuman atau makanan tradisional Mingkabau ampiang dadiah. [Foto: Tangkapan layar YouTube]

Padang, Kabapedia.com – Tahu kah kamu, tanah Minangkabau atau Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) tak hanya punya beragam jenis kuliner yang kelezatannya mendunia.

Selain makanan, ternyata juga ada beragam menu minuman yang merupakan resep tradisional masyarakat Minang sejak zaman dahulu kala, salah satunnya adalah menu minuman ampiang dadiah.

Ampiang dadiah merupakan salah satu makanan atau minuman khas Sumbar yang terdiri dari campuran ampiang dan dadiah.

Ampiang sendiri terbuat dari beras ketan dan ditumbuk. Sedangkan dadih adalah susu kerbau yang difermentasi.

Untuk proses pembuatan dadih, pertama susu kerbau segar dimasukkan ke dalam bambu yang telah dipotong-potong dan ditutup dengan daun pisang. Setelah itu dadiah dibiarkan kurang lebih 2 malam.

Minuman atau makanan tradisional Mingkabau ampiang dadiah. [Foto: Tangkapan layar YouTube]
Setelah melewati proses ini, susu kerbau akan berubah seperti agar-agar. Nah setelah jadi dadiah, barulah kedua bahan, yakni ampiang dan dadiah dibuat satu menjadi minuman atau makanan yang nikmat.

Ampiang dadih akan semakin enak dimakan dengan tambahan es serut, atau juga dengan tambahan gula aren cair yang tentunya akan membuat kelezatannya lebih berbeda.

Nah bagi masyarakat Minangkabau, ampiang dadiah dipercaya punya banyak manfaat dalam tubuh. Beberapa di antaranya adalah bisa meningkatkan imunitas tubuh, menambah stamina serta dapat juga menurunkan kadar kolesterol.

Baca Juga: Pantas Laku Keras!! Ternyata Ini 5 Rahasia Rumah Makan Payakumbuah Milik Arief Muhammad

Jika kamu ingin menyantap ampiang dadiah, kamu bisa dengan mudah menjumpai menu yang satu ini di Kota Bukittinggi dan juga di Kabupaten Solok. [isr]

 

Simak berita Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.