Karoseri Laksana Kebanjiran Sasis Bus Medium!! Ada Apa?

oleh -362 Dilihat
Salah satu bus berbody medium Karoseri Laksana yang baru saja rampung. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Didit Zaenanto]

Malang, Kabapedia.com – Bus berukuran sedang atau bus medium, tengah mendominasi pembuatan armada baru di sejumlah karoseri (perusahaan pembuat body bus) di Indonesia. Banjirnya permintaan pembuatan bus medium tersebut diungkapkan pihak Karoseri Laksana.

Quality Assurance Quality Control Karoseri Laksana, Didit Zaenanto dalam unggahan video YouTube terbarunya mengabarkan, sasis medium bus masih mendominasi saat ini. Bahkan kata dia, persentasenya sangat tinggi dibanding dengan bus berbody besar, seperti seri SR3 yang biasanya digunakan untuk bus AKAP.

“Itu mungkin sekitar 70 persen dari total sasis yang masuk di Karoseri Laksana,” ungkap dia, Senin (16/1/2023).

Didit menjelaskan, secara keseluruhan masih ada ratusan sasis bus premium yang belum diproduksi Laksana dan ditargetkan bakal selesai pada awal tahun 2023 ini.

“Sedangkan untuk big bus-nya kita diserbu oleh sasis bermesin depan OF 1623 sekitar 30 unit an, untuk medium ratusan unit yang masuk, kemudian 1526 STJ sekitar 25 unit, sasis RK 280 RM sekitar 50 unit,” beber Didit lagi.

Salah satu bus berbody medium milik PT. Khazanah Wisata Andalas asal Sumbar. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Didit Zaenanto]
Nah, armada bus medium yang baru saja rampung di antaranya 2 unit bus dengan tipe body Tourista, dengan kaca single glass dan juga double glass.

Kedua unit ini merupakan bus pariwisata, dengan masing-masing 35 dan 29 kursi, dengan konfigurasi 2-2 dan sudah dilengkapi fitur keamanan seatbelt.

Kedua bus ini merupakan tipe tertinggi, yang mendapatkan spek premium, seperti spion SR2 hingga bumper-nya menggunakan model terbaru.

Salah satu bus medium tersebut dipesan oleh PT. Khazanah Wisata Andalas yang merupakan perusahaan asal Provinsi Sumatra Barat. Sesuai tulisan di livery-nya, bus tersebut mer bakal melayani trayek pariwisata di Sumbar.

Baca Juga: Pemegang Rekor Trayek Bus Terjauh di Indonesia, Ini Sejarah Panjang PO ALS

“Nah yang cukup menarik adalah PT. Khazanah Wisata Andalas asal Sumbar ini baru pertama kali bikin bus dan langsung memilih Laksana,” tutup Didit. [isr]

 

Simak berita Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.