Pantas Laku Keras!! Ternyata Ini 5 Rahasia Rumah Makan Payakumbuah Milik Arief Muhammad

oleh -562 Dilihat
Raditya Dika (dari kiri) berbincang dengan Arief Muhammad saat mukbang di Rumah Makan Payakumbuah. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Arief Muhammad]

Jakarta, Kabapedia.com – Masakan Nasi Padang Rumah Makan (RM) Payakumbuah milik Arief Muhammad akhir-akhir ini makin viral diperbincangkan. Tak hanya warga kebanyakan, para artis yang menjajal rasa kuliner Minang ini juga banyak yang memuji rasa masakan tersebut.

Nah, kira-kira rahasia apa apa yang membuat RM yang beralamat di Jl. Ciater Barat Nomor 98, Kelurahan Ciater, Serpong, Tangerang Selatan tersebut sangat diidolakan?

Daripada penasaran, berikut 5 rahasia Rumah Makan Payakumbuah, rangkuman Kabapedia.com.

1. Beras Kualitas Terbaik

Tahukah kamu, ternyata rahasia enaknya RM Padang sangat ditentukan oleh jenis beras yang digunakan. Beras yang ditanak menjadi nasi menjadi bahan utama, karena porsi nasi sangat mendominasi hidangan Nasi Padang, menjadikan jenis beras yang dipilih sangat menentukan cita rasa seporsi Nasi Padang yang kamu santap.

“Itu beras kita seleksi dari 11 brand atau 11 sawah, sampai dapat beras yang kita pakai sekarang yang merupakan beras terbaik,” ujar Arief Muhammad dalam salah satu unggahan video di akun YouTube pribadinya, dilihat Kabapedia.com, Minggu (8/1/2023).

Beras yang dipakai RM Payakumbuah merupakan jenis beras kualitas terbaik yang didatangkan langsung dari Kabupaten Solok, Provinsi Sumbar. Beras jenis ini merupakan garapan langsung petani lokal di Solok, yang tak diragukan lagi karena menghasilkan beras dengan kualitas terbaik di Sumbar.

2. Bumbu Didatangkan dari Sumbar

Rempah-rempah yang diolah di RM Payakumbuah didatangkan langsung dari Provinsi Sumbar, sebagai tempat asal RM Padang berasal. Langkah ini menjadi keputusan Arief selaku pemilik, karena ingin mendapatkan cita rasa terbaik.

Selain rempah-rempah, beras yang dimasak di RM Payakumbuah juga didatangkan langsung dari Sumbar.

3. Cita Rasa Otentik

Beragam menu bercita rasa otentik di RM Payakumbuh. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Arief Muhammad]
Kuah gulai yang ada di sini sangat berbeda dengan RM umumnya, karena sangat kental dan kaya akan bumbu rempah pilihan. Rasa kuah gulai RM Payakumbuah lebih gurih dan asin yang membuat rasanya dinilai lebih enak dari kebanyakan.

Perbedaan lain juga terlihat pada menu ayam pop. Menu di sini sedikit berwarna gelap karena dimasak sedikit lebih matang dengan bumbu khusus.

Secara keseluruhan, rasa masakan Padang yang sangat otentik hampir merata terasa pada seluruh menu di RM ini. Jika kebanyakan RM Padang di perantauan memiliki rasa agak manis atau menyesuaikan dengan karakter lidah orang setempat.

Hal ini tidak berlaku pada RM Payakumbuah , karena RM ini mempertahankan cita rasa otentik seperti di tanah Minangkabau yang rasanya sedikit lebih pedas dan cita rasa bumbu yang lebih kuat.

“Ini memang lebih pedas dan rempahnya itu lebih terasa, ini memang jadi pilihan kita setelah berkelana di banyak rumah makan Padang di Sumatra Barat,” ungkap Arief.

4. Punya Menu Spesial

Ikan salai. Merupakan menu spesifik di RM Payakumbuh. [Foto: Tangkapan layar YouTube/KenGrat]
Seperti RM Padang kebanyakan RM Payakumbuah milik Arief Muhammad juga punya menu spesial. Dari banyak menu, yang paling spesial di sini adalah ikan salai. Ya, ikan salai memang sulit dijumpai di kebanyakan RM Padang. Menghadirkan menu yang terbilang langka mungkin salah satu strategi Arief, sebagai pendatang baru di bisnis kuliner Nasi Padang.

Ikan salai adalah salah satu masakan ikan yang dimasak dengan cara diasap. Yang membedakan dengan ikan asap pada umumnya, ikan salai yang dijual disini memiliki cita rasa ikan salai khas Kota Payakumbuh.

Selain ikan salai, ada sederet menu lain yang bisa juga kamu pesan. Di antaranya, ayam goreng, ayam pop, ayam bakar, rendang, telur dadar dan masih banyak lagi.

5. Nuansa Tempo Dulu

Suasana klasik tempo dulu di RM Payakumbuh. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Arief Muhammad]
Konsen pada suasana tradisional dan sama sekali bukan kekinian, menjadi Rumah Makan Payakumbuah beda dengan yang lainnya. Secara interior susana hangat nuansa tradisional RM Padang tempo dulu, sangat terasa di sini.

Hal ini dapat terlihat mulai dari pemilihan kursi dan meja yang cukup jadul, termasuk juga konsep tata letak meja yang menyatu dalam satu ruangan, membuat kamu benar-benar serasa hadir ke dalam suasana tempo dulu

Nah, pada ornamen hiasan dinding, kita bakal menjumpai banyak lukisan, mulai dari pemandangan hingga lukisan ataupun foto wajah.

“Kenapa tidak moderen, karena kita memang sengaja membawa suasana rumah makan Padang beneran, seperti pakai kursi yang kayak gini (kursi pesta). Selain itu ada juga lukisan-lukisan ataupun foto-foto orang ternama, seperti di rumah makan Padang tempo dulu,” ujar Arief.

Baca Juga: Kuliner Minang Sambalado Cangkuak Khas Padang Panjang, Bikin Kamu Tambah Nasi Terus!!

Itulah 5 fakta unik RM Payakumbuah yang membuat RM yang baru berdiri tahun lalu itu sangat laku keras di kalangan masyarakat ibukota DKI Jakarta. [isr]

 

Simak berita Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.