Menengok Keseruan Bazar Kuliner Minang Terbesar di Sumarak Minangkabau Blok M Square

oleh -124 Dilihat
Keseruan Bazar Kuliner Minang terbesar yang diselenggarakan di Sumarak Minangkabau Blok M Square. [Foto: Dok. YouTube/Herlina Basri]

Jakarta, Kabapedia.com – Angin-angin lama terasa segar kembali. Assalamualaikum semua, selamat datang di konten-konten menarik dari Kabapedi.com. Kali ini kita bakal menengok keseruan Bazar Kuliner Minang terbesar yang diselenggarakan di Sumarak Minangkabau Blok M Square yang dilaporkan langsung oleh channel YouTube Herlina Basri pada video terbarunya.

“Alhamdulillah, minggu lalu kami berkesempatan menghadiri salah satu festival kuliner Minang terbesar di Jakarta, yaitu Sumarak Minangkabau 2024. Festival ini tidak hanya menawarkan pertunjukan budaya dan hiburan, tetapi juga penggalangan dana untuk bencana alam di Sumatra Barat (Sumbar),” beber Herlina Basri dilansir Kabapedia.com, Kamis (23/5/2024).

Baca juga:

Menurut dia, yang paling menarik adalah bazar kuliner Minangnya, yang diikuti oleh puluhan stand dengan aneka ragam masakan Minang, dan ribuan pengunjung yang memadati acara ini.

Bertempat di Blok M Square, Jakarta Selatan, acara ini mendapat sambutan antusias dari warga Minang baik yang tinggal di Jakarta maupun dari luar kota. Stand-stand kuliner di sini menawarkan beragam makanan mulai dari kue tradisional, jajanan pasar, hingga makanan berat khas Minang yang sangat diminati pengunjung.

“Salah satu yang menarik perhatian adalah kue mangkuk dengan dua varian rasa: tape dan gula aren, yang dijual seharga Rp15.000 untuk dua biji. Tak ketinggalan, ada ketan durian yang menggoda dengan kombinasi ketan, durian, dan gula merah seharga Rp30.000 per porsi,” ungkap Herlina.

Berjalan di antara stand-stand kuliner, aroma durian, cendol, dan makanan lainnya menggugah selera. Ada juga cendol durian yang bisa dicampur dengan keju, menciptakan sensasi rasa yang unik. Stand lain menawarkan Bika khas Bukit Tinggi dan pisang Kapi yang lezat dengan harga terjangkau. Makanan khas lainnya seperti cumi bakar Salero Minang dan mihun godok batinta menambah semarak bazar ini.

Tak kalah menarik, ada martabak Kubang seharga Rp45.000 dan soto Padang yang disajikan dengan nasi seharga Rp30.000. Sate dangung-dangung khas Payakumbuh juga menjadi favorit pengunjung. Proses memasak yang menggunakan bara api, seperti pada Bika tungku baru, menambah keaslian dan aroma khas pada makanan yang disajikan.

Pengunjung juga bisa menikmati Sala lauak, jajanan khas Pariaman yang disajikan panas-panas langsung dari penggorengan. Sate Pariaman dengan kuah sotonya menjadi primadona dengan harga Rp35.000 per porsi. Selain itu, bubur Kampiun yang berisi ketan hitam, ketan putih, bubur sumsum, kacang hijau, dan kolak pisang seharga Rp25.000 juga menjadi pilihan menarik.

Bazar ini juga menjadi ajang silaturahmi bagi para subscriber channel Herlina Basri, yang datang dari berbagai daerah, termasuk dari Malaysia. Keseruan bertambah dengan adanya hiburan dari artis-artis Minang yang tampil di panggung, menambah suasana meriah.

“Setelah puas berkeliling dan mencicipi berbagai kuliner, kami akhirnya mencoba beberapa hidangan yang kami beli. Soto Padang dengan kuah berempah, daging kering, dan sambal pedas, terasa sangat lezat. Sate Pariaman dengan kuah sate yang gurih dan ketupatnya yang lembut juga tak kalah nikmat. Bubur Kampiun dengan isian yang beragam, manis, dan legit menjadi penutup yang sempurna,” puji Herlina.

Baca juga:

Tidak ketinggalan, dia juga mencoba kue mangkuk yang gurih dengan rasa tape yang khas. Bika tungku baru yang dimasak dengan bara api dan di-alasi daun waru memiliki aroma dan rasa yang unik. Ketan durian yang lembut dengan tambahan keju dan susu menjadi favorit semua pengunjung.

Bazar kuliner Minang ini bukan hanya tentang makanan, tetapi juga tentang merayakan budaya dan kebersamaan. Semoga tahun depan kita bisa menghadiri acara serupa dan menikmati kelezatan kuliner Minang lagi. Terima kasih sudah menyimak liputan kami kali ini. Jangan lupa like, komen, dan subscribe channel YouTube Herlina Basri. Sampai jumpa di acara berikutnya! [isr]

 

Ikuti Kabapedia.com di Google News dan berita lainnya Kabapedia Network di KabaPadang

No More Posts Available.

No more pages to load.