Fungsional Mudik Lebaran 2024, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 Rampung Tahun Ini

oleh -864 Dilihat
Komisi V DPR RI melakukan Kunjungan Kerja Spesifik meninjau langsung progres pembangunan Jalan Tol Jakarta - Cikampek II Selatan yang dihadiri langsung oleh ketua tim rombongan sekaligus Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras, Jumat (15/3/24). [Foto: Dok. PUPR]

Purwakarta, Kabapedia.com – Siap dipakai fungsional saat mudik Lebaran Idul Fitri 2024, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 bakal rampung tahun Ini.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus mengupayakan penyelesaian konektivitas Jalan Tol baru yang ada di wilayah Jawa Barat yakni Jalan Tol Jakarta – Cikampek II Selatan sepanjang 61,8 Km.

Baca juga:

Pada Jumat (15/3/24) Komisi V DPR RI melakukan Kunjungan Kerja Spesifik meninjau langsung progres pembangunan Jalan Tol Jakarta – Cikampek II Selatan yang dihadiri langsung oleh ketua tim rombongan sekaligus Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras didampingi Staf Ahli Menteri PUPR bidang Hubungan Antar Lembaga, K.M. Arsyad, Direktur Jalan Bebas Hambatan Bina Marga Triono Junoasmono, Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol Apri Artoto, dan Direktur Utama PT. Jasamarga Japek Selatan Charles Lendra.

Direktur Jalan Bebas Hambatan Bina Marga Triono Junoasmono saat memberikan penjelasan kepada rombongan Komisi V DPR RI mengatakan pembangunan Jalan Tol Jakarta – Cikampek II Selatan dilakukan secara bertahap.

“Saat ini tengah dilakukan penyelesaian konstruksi Paket 3 yang menghubungkan Sukabungah – Sadang (31,25 Km) dengan progresnya telah mencapai 86,08% yang ditargetkan selesai di kuartal 3 tahun 2024,” ujar Triono dilansir Kabapedia.com, Kamis (21/3/2024).

Triono menambahkan, untuk Jalan Tol Jakarta – Cikampek II Selatan Paket 3 akan dilakukan uji coba fungsional beberapa kilometer saat mudik lebaran sesuai diskresi kepolisian sepanjang 8,5 Km yakni dari Sadang menuju Kutanegara.

“Fungsional tersebut direncanakan hanya satu arah dari Bandung, Purwakarta, masuk Kutanegara dan dilanjutkan ke jalan provinsi sehingga pengendara dapat keluar di Karawang Timur atau Karawang Barat,” tambahnya.

Selanjutnya, Dikatakan Triono untuk Paket 2 yang menghubungkan Setu – Sukaragam – Sukabungah saat ini sudah mulai dalam tahap konstruksi dan pembebasan lahan yang ditargetkan selesai pada Kuartal 1 2025 mendatang. Paket 2 terbagi menjadi Paket 2A Setu – Sukaragam (10,50 Km) dengan progres konstruksi 10,36?n 2B Sukaragam – Sukabungah (13 Km) dengan progres konstruksi 17,06%.

“Kemudian yang terakhir pada Paket 1 yang menghubungkan Jatiasih – Setu sepanjang (7,25 Km) ditargetkan selesai konstruksinya setelah tahun 2024 yakni kuartal 3 tahun 2028,” kata Triono.

Triono juga menambahkan, kehadiran Jalan Tol Jakarta – Cikampek II Selatan yang melintasi kota Bekasi, Karawang dan kabupaten Purwakarta dapat menjadi alternatif pengguna jalan dari Jakarta bisa dari Jatiasih langsung ke Purwakarta serta akan tersambung ke akses Pelabuhan Patimban.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras menambahkan, dirinya berharap Jalan Tol ini dapat semakin mempercepat ke tujuan berkendara masyarakat.

Baca juga:

“Walaupun ada 1 segmen yang saat ini sudah bisa di fungsionalkan pada Paket 3, seharusnya 2024 sudah mulai berjalan pengoperasiannya, namun baru berjalan bertahap,” tukasnya. [isr]

 

Ikuti Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.