Energi Hingga 190 Wh, Baterai Blade Generasi Kedua BYD Diluncurkan Agustus 2024

oleh -237 Dilihat
Penampakan BYD Atto 3, Mobil hatchback kompak yang cocok untuk mobilitas perkotaan. Mobil ini salah satu produksi Build Your Dream (BYD), salah satu produsen mobil listrik terbesar di dunia, asal China. [Foto: Dok. Ist]

Jakarta, Kabapedia.com – FinDreams, sebuah anak perusahaan BYD yang berfokus pada teknologi baterai, dijadwalkan untuk merilis generasi kedua dari baterai Blade pada Agustus 2024. Salah satu peningkatan signifikan dari baterai Blade baru ini adalah peningkatan kepadatan energi hingga 190 Wh/kg.

Dikutip dari carnewschina pada Rabu (17/4), baterai Blade pertama kali diperkenalkan pada 2020 dan dianggap sebagai revolusi dalam industri kendaraan listrik dengan membuat baterai lithium iron phosphate (LFP) lebih terjangkau dibandingkan dengan nickel cobalt manganese (NCM).

Baca juga:

Baterai Blade dirancang dengan menyusun sel-sel baterai individu dalam susunan yang tipis seperti pisau. Susunan ini meningkatkan efisiensi ruang hingga 50 persen dibandingkan dengan baterai LFP yang ada saat itu.

Saat pertama kali diperkenalkan, baterai Blade generasi pertama memiliki kepadatan energi 140 Wh/kg. Namun, dengan baterai Blade generasi kedua, kepadatan energi ini meningkat secara signifikan.

Wang Chuanfu, Ketua BYD, mengungkapkan pengembangan baterai baru ini dalam sebuah pertemuan laporan keuangan baru-baru ini. Wang menyebutkan bahwa baterai Blade generasi kedua memiliki ukuran yang lebih kecil dan bobot yang lebih ringan untuk daya tahan yang sama, serta konsumsi daya yang berkurang per 100 kilometer dan tahan terhadap panas.

Diperkirakan bahwa baterai Blade generasi kedua ini mampu menempuh jarak hingga 1.000 km menurut CLTC.

Keunggulan baterai Blade generasi kedua ini akan bersaing dengan baterai solid-state yang ditawarkan oleh IM Motors dan baterai semi solid-state yang diproduksi oleh Nio.

Baca juga:

Beberapa pakar otomotif menyebut baterai Blade generasi kedua ini sebagai baterai LFP terbaik hingga saat ini. [isr]

 

Ikuti Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.