Empat Aset Pendapatan Pasif Teratas Menurut Robert Kiyosaki

oleh -166 Dilihat
Menciptakan Peluang Bisnis. Ilustrasi [Grafis: Dok. Kabapedia.com]

Jakarta, Kabapedia.com – Robert Kiyosaki, penulis buku terkenal “Rich Dad Poor Dad”, juga dikenal sebagai investor dan penasihat keuangan. Dia telah lama menjadi pendukung kuat dari pendapatan pasif dan telah mengajarkan pentingnya memiliki aset yang menghasilkan arus kas stabil dengan sedikit kerja aktif melalui pengajaran, buku, permainan, dan seminar.

Pada tahun 2023, Kiyosaki menyoroti empat sumber pendapatan pasif terbaik yang dapat dipertimbangkan oleh investor. Sumber-sumber pendapatan pasif tersebut meliputi real estat, saham dividen, royalti, dan bisnis. Menurut Kiyosaki, masing-masing aset tersebut dapat menghasilkan arus kas yang stabil jika dikelola dengan strategi yang tepat.

Baca juga:

Berikut adalah empat aset yang dapat digunakan untuk mendapatkan pendapatan pasif terbaik menurut Kiyosaki:

1. Penyewaan Properti

Salah satu aset pendapatan pasif utama yang disarankan Kiyosaki selama beberapa dekade adalah penyewaan properti. Dia melihat bisnis penyewaan properti sebagai sumber arus kas bulanan yang relatif stabil dan dapat diprediksi.

Namun, Kiyosaki menekankan pentingnya melakukan penelitian menyeluruh sebelum membeli properti apa pun. Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan sebelum membeli properti untuk disewakan adalah rasio harga terhadap sewa, tingkat pengembalian yang diharapkan, nilai lokasi, potensi permintaan dan pertumbuhan, serta pajak properti.

2. Saham Dividen

Selain real estate, Kiyosaki juga menyarankan saham dividen sebagai aset pendapatan pasif yang patut dipertimbangkan. Dia merekomendasikan untuk memilih saham perusahaan dengan bisnis yang terbukti, stabil, dan berjangka panjang yang secara teratur membayar dividen yang meningkat dari waktu ke waktu.

3. Royalti

Aset lain yang sering disarankan oleh Kiyosaki adalah royalti. Royalti memberikan pembayaran atas pekerjaan yang dilakukan sekali yang dapat terus menghasilkan pendapatan tanpa batas. Contoh yang ia berikan antara lain buku, musik, paten, waralaba, dan kursus atau publikasi online.

4. Bisnis

Menurut Kiyosaki, memiliki seluruh atau sebagian bisnis dapat menjadi aset arus kas cerdas lainnya. Dia lebih menyukai jenis bisnis informasi, pendidikan, real estate, dan penjualan langsung.

Baca juga:

Cobalah untuk memulai investasi di empat bidang tersebut. Kiyosaki mengatakan kuncinya adalah membangun atau membeli bisnis yang siap meraih kesuksesan jangka panjang dan terukur. [isr]

 

Ikuti Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.