Daftar Body Bus SHD Terbaru di Indonesia!! Ada Jagoan Kamu?

oleh -332 Dilihat
Salah satu body bus Patriot MHD dari Karoseri Morodadi Prima milik PO ANS. [Foto: Dok. Ist]

Jakarta, Kabapedia.com – Selama sepuluh tahun terakhir, moda transportasi darat di Indonesia didominasi oleh bus bermodel double glass, atau yang kerap disebut sebagai Beast bertopi oleh masyarakat.

Model ini pertama kali hadir pada tahun 2014 dan hingga tahun 2024, trend model body double glass dengan dimensi super tinggi, atau yang sering disebut SHD, tetap menjadi primadona baik di mata operator maupun masyarakat.

Baca juga:

Setelah sepuluh tahun beredar, tentu ada banyak perkembangan dari segi model maupun spesifikasi pada bus model SHD di zaman sekarang. Berikut ini adalah beberapa model bus SHD dan karoseri yang memproduksinya di tahun 2024.

1. Jetbus 5 SHD dari Karoseri Adiputro

Jetbus 5 SHD Karoseri Adiputro. [Foto: Dok. ARF Bus]
Model ini masih menjadi pemimpin pasar di tahun 2024. Varian body SHD dari karoseri Adiputro sudah masuk ke generasi kelima. Model generasi terbaru ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2023 dan menampilkan desain yang sangat modern dan futuristik.

Lampu utamanya sudah menggunakan proyektor LED yang sangat terang di malam hari. Bagian interior kabinnya juga mengalami banyak perubahan yang membuatnya terasa lebih mewah.

2. Legacy SR3 SHD dari Karoseri Laksana Ungaran

Legacy SR3 SHD dari Karoseri Laksana. [Foto: Dok. ARF Bus]
Model Legacy SR3 SHD ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2022 dan kini sudah hadir dengan banyak pilihan trim level dengan beberapa detail tampilan yang berbeda. Model ini juga menawarkan versi single glass dengan model kaca depan yang lebih tegak, sehingga tampilannya jadi lebih gagah layaknya bus di Eropa.

3. Avante H9 Facelift dari Karoseri Tentrem

Avante H9 Facelift. [Foto: Dok. ARF Bus]
Meski belum berganti model dan baru mendapatkan sentuhan facelift, namun tampilan Avante versi facelift ini tidak kalah modern dibanding dua body SHD lainnya. Model lampu utamanya sekarang sudah upgrade menggunakan proyektor LED yang lebih terang. Bagian interior kabin Avante H9 facelift juga mendapatkan ubahan yang tidak kalah banyak.

4. Skylander SHD dari Karoseri New Armada

Skylander SHD. [Foto: Dok. ARF Bus]
Model Skylander SHD ini pertama kali hadir pada tahun 2022 dan masih mempertahankan bahasa desain yang agresif sekaligus unik. Penggunaan dari body Skylander SHD ini sekarang sudah mulai banyak dan tidak hanya datang dari perusahaan otobus asal Pulau Sulawesi saja.

5. Patriot MHD dari Karoseri Morodadi Prima

Salah satu body bus Patriot MHD dari Karoseri Morodadi Prima milik PO ANS. [Foto: Dok. Ist]
Model body double glass terbaru mereka bernama Patriot series pertama kali hadir di akhir tahun 2019. Versi body dengan dimensi lebih tingginya baru hadir di tahun 2020. Spesial pada body ini tentu ada di konstruksi bodinya yang sangat kokoh khas produk karoseri Morodadi Prima dan juga modelnya yang sangat terasa Eropa.

6. Rexus dan Zeos dari Karoseri Piala Mas

Rexus dan Zeos dari Karoseri Piala Mas. [Foto: Dok. ARF Bus]
Karoseri Piala Mas Malang sekarang memiliki dua varian body double glass, yaitu model Rexus dan Zeos. Kedua body ini sejauh ini hanya hadir versi HDD saja mengingat sasis yang menggunakan body ini kebanyakan hanya di kelas 16 ton.

7. Zepellin G5 Series dari Karoseri Gunung Mas

Karoseri Gunung Mas Madiun juga memiliki produk body Beast double glass terbaru yang bernama Zepellin G5 series yang pertama kali hadir di akhir tahun 2022.

Dengan berbagai perkembangan dan inovasi dari berbagai karoseri, tren bus double glass di Indonesia terus berkembang dan menyesuaikan diri dengan kebutuhan pasar dan teknologi terkini.

8. Zepelin G5 dari PO Putra Remaja

Zepelin G5, pesanan dari PO Putra Remaja, menggunakan dimensi SHD dan tetap mempertahankan model double glass. Meski banyak yang berpendapat bahwa tampilan versi G3 sebelumnya lebih bagus, Zepelin G5 hadir dengan varian yang lebih aerodinamis bernama GX Curer. Varian ini digunakan oleh PO Haryanto, Perum Damri, dan PO Pratama Putra.

8. Y DX dari Trijaya Union

Karoseri Trijaya Union, yang bermarkas di Tangerang, menghadirkan produk body terbaru bernama Y DX. Model ini unik karena menggunakan lampu depan milik bus Volvo dan lampu belakang model bus Eropa.

9. Aerostar dan Hyperion HD dari Cipta Karya

Jika Anda merasa bosan dengan body garapan karoseri yang ada di Pulau Jawa, Anda bisa memilih body double glass dari karoseri Cipta Karya yang bermarkas di Kota Medan, Sumatera Utara.

Karoseri ini terkenal dengan atapnya yang sangat kokoh untuk mengangkut barang khas bus di daerah Sumatera. Cipta Karya memiliki beberapa produk body yang sudah menggunakan model double glass, seperti Aerostar dan Hyperion HD yang memiliki hiasan selendang samping khas.

Baca juga:

Dari semua body yang telah disebutkan, manakah yang paling Anda sukai? Silakan tulis pendapat Anda di kolom komentar. [isr]

 

Ikuti Kabapedia.com di Google News