Mengenal Lebih Dekat Kelebihan Body Bus Tipe UHD

oleh -292 Dilihat
Body bus tipe Low Drive Bus atau yang lebih dikenal sebagai Ultra High Deck (UHD) adalah model bus yang relatif baru di Indonesia. [Foto: Dok. YouTube/ARF Bus]

Jakarta, Kabapedia.com – Body bus tipe Low Drive Bus atau yang lebih dikenal sebagai Ultra High Deck (UHD) adalah model bus yang relatif baru di Indonesia.

Model ini pertama kali diperkenalkan oleh Karoseri Adiputro dengan produk mereka yang bernama Jetbus 3 UHD. Tak lama setelah itu, Karoseri Tentrem juga menghadirkan model serupa dengan nama Avante D1. Hingga saat ini, hanya ada dua karoseri yang memproduksi model bus ini di Indonesia.

Baca juga:

Nah, sekarang mari kita mengenal body bus tipe Low Drive yang saat ini sudah banyak beredar di luar negeri. Yuk simak ulasan Kabapedia.com kali ini hingga akhir.

Apa itu Low Drive Bus?

Low Drive Bus adalah model bus dengan posisi pengemudi yang rendah. Model ini memiliki dua lantai kabin, namun lantai bawahnya hanya digunakan sebagai kabin untuk pengemudi dan kru. Dengan dimensi yang hampir setara dengan bus tingkat, model ini membutuhkan sasis tipe triple ael untuk menopang bodinya.

Model bus ini baru hadir di Indonesia pada tahun 2018, dengan karoseri Adiputro sebagai pelopor melalui produknya, Jetbus 3 UHD. Namun, di negara-negara Amerika Selatan seperti Chili, Peru, dan Brazil, model bus ini telah beredar cukup lama.

Keunggulan Low Drive Bus

Salah satu keunggulan utama dari Low Drive Bus adalah ruang bagasi bawahnya. Karena bus semi double deck ini hanya menggunakan lantai bawah sebagai ruang kemudi, bagian tengah hingga belakang lantai bawah digunakan sebagai bagasi. Ukuran bagasi bus ini juga lebih tinggi dibandingkan bus tipe lainnya, dan masih ada ruang penyimpanan tambahan di atas setiap roda.

Model bus ini menjadi pilihan yang tepat bagi operator yang mementingkan ekspedisi pengiriman barang. Selain memiliki kabin penumpang yang nyaman di bagian atas, bus ini juga menawarkan kapasitas bagasi yang ekstra luas di bagian bawahnya. Sehingga, operator seolah-olah memiliki bus cargo dengan kapasitas besar yang tetap dapat mengantarkan penumpang.

Penerimaan Pasar terhadap Low Drive Bus

Produk Jetbus 3 UHD diterima baik oleh pasar dan hingga saat ini sudah banyak operator yang menggunakan model bus ini. Meski tampilannya terlihat sedikit kaku karena bentuk kaca depan bagian atasnya yang tegak, namun hal ini justru memberikan ruang lebih bagi penumpang di baris paling depan.

Sementara itu, bus tipe Low Drive dari karoseri Tentrem, Avante D1, menawarkan layout kabin yang lebih menarik karena memiliki ruang toilet dan smoking area yang berada di lantai bawah. Namun, hal ini membuat ruang bagasi menjadi sedikit berkurang.

Jadi kesimpulan meski keberadaan bus tipe Low Drive atau UHD ini masih jarang ditemui, namun kelebihannya seperti kapasitas kursi penumpang yang lebih banyak, ruang kru yang lebih privasi, dan kapasitas bagasi yang paling besar dibanding tipe bus lainnya, membuat model bus ini tetap layak dipertimbangkan. Namun, saat ini tampaknya model bus semi UHD lah yang mulai banyak dilirik oleh operator bus.

Baca juga:

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda masih memfavoritkan body tipe UHD ini? Atau mungkin Anda sudah pernah naik bus UHD milik PO mana? Silakan tulis pengalaman Anda di kolom komentar. [isr]

 

Ikuti Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.