Timnas Indonesia Pastikan Lolos ke Piala AFC U-23 2024

oleh -5641 Dilihat
Timnas U-23 Indonesia (Dok.PSSI.org)

Solo, Kabapedia.com – Timnas Indonesia memastikan diri lolos ke Piala AFC U-23 yang digelar di Qatar 2024 usai menaklukkan Turkemenistan dengan skor 2-0 di Stadion Manahan Solo pada Selasa (12/9/23).

Dua gol kemenangan Timnas Indonesia dicetak pemain naturalisasi Ivan Jenner dan Pratama Arhan membawa tim Indonesia sebagai pemuncak di Grup K dengan poin sempurna enam poin dari dua laga yang telah dijalani.

Presiden Jokowi dan istri hadir langsung di Stadion Manahan Solo memberikan dukungan kepada Timnas U-23. (Tangkapan layar RCTI Plus)

Sebelumnya Indonesia berhasil menundukkan China Taipe 9-0 dan Turkemenistan 2-0. Hasil ini membuat Indonesia menjadi pemuncak dengan 6 poin di atas Turkemenistan di peringkat kedua dan China Taipe di peringkat terakhir.

Indonesia sebagai pemuncak Grup K berhak mengantongi tiket lolos ke Piala Asia 2024 nanti. Shin tae Yong juga mengukir rekor karena membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia baik Timnas Senior, Timnas U-23 dan Timnas U-19.

Jalan pertandingan berlangsung dalam tensi tinggi karena kedua tim butuh kemenangan.

Pemain Indonesia merayakan gol kedua Indonesia atas Turkemenistan yang dicetak Pratama Arhan. (Tangkapan Layar RCTIPlus)

Gol keras Ivan Jenner dari luar kotak penalti di menit ke-42 berhasil membawa Timnas Indonesia U-23 unggul 1-0 atas Turkemenistan.

Gol tersebut membuat seluruh pendukung Indonesia bersorak termasuk Presiden RI Joko Widodo yang hadir secara langsung di stadion saat didampingi Ketum PSSI yang juga Menteri BUMN Erick Thohir.

Pertandingan tersebut berjalan menarik karena kedua tim ingin meraih kemenangan dan berusaha menyarangkan bola ke gawang lawan. Timnas Indonesia yang bertanding di kendang sendiri bermain mengurung pertahanan Turkemenistan, sejumlah peluang dibangun gagal menghasilkan gol.

Tim tamu berupaya menahan serangan tim tuan rumah dan mencoba beberapa kali melalui serangan balik. Tangguhnya pertahanan yang digalang pemain Ipwich Town Elkan Baggot dan Rizky Ridho membuat serangan lawan mental.

Timnas Indonesia berhasil mendapatkan sejumlah kesempatan bahkan beberapa kali terjadi perebutan bola di depan gawang lawan. Namun upaya yang dilakukan gagal membuat Indonesia unggul.

Baru di menit ke-42 Ivan Jenner yang menguasai bola menendang langsung ke gawang dari jarak jauh dan bola melesat kencang lalu menyentuh badan lawan dan membuat bola langsung masuk ke gawang.

Di babak kedua, kedua tim berusaha menjebol gawang lawan, Timnas Indonesia terus menyerang pertahanan Turkemenistan dan sejumlah peluang terjadi tapi tidak berbuah gol.

Turkemenistan agak ketakutan dalam menyusun serangan dan berharap pada serangan balik.

Gol kedua Indonesia lahir dari sundulan Pratama Arhan yang menerima umpan pemain dari sisi kiri pertahanan tim lawan. Bola bebas di udara langsung dikejar dan disundul pengantin baru ini.

Baca juga : Shin Tae-yong: 4 Pemain Timnas Dipastikan Absen lawan Turkmenistan

Menantu Andre Rosiade ini berhasil menyarangkan bola ke gawang Turkemenistan di saat injury time dan membuat stadion bergemuruh.

Baca juga : Timnas Indonesia Turunkan 23 Pemain Hadapi Kualifikasi AFC U-23

Hasil ini membuat Indonesia pecahkan rekor karena berhasil lolos sebagai peserta Piala Asia 2024. [R9/Kpd]

Ikuti Kabapedia.com di Google News

Turkmenistan U-23 (4-2-3-1): Ahallyyev Rustem (kiper), Meylis Durdyyev, Ykhlas Toydzhanov, Ilyas Charyyev, Oraz Orazov (belakang), Ruslan Priyev, Arzuvguly Sapargulyev, Rahman Myratberdiyev, Yagshysahet Dovletgeldiyev Umarov Salim (tengah), Shamammed Khydyrov (depan)

Pelatih: Ahmet Agamyradov (Turkmenistan)

 

Timnas Indonesia U-23 (4-4-2): Ernando Ari (kiper), Rio Fahmi, Rizky Ridho, Elkan Baggott, Komang Teguh (belakang), Pratama Arhan, Arkhan Fikri, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan (tengah), Hokky Caraka, Rafael Struick (depan)

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.