Bupati Agam janjikan Buru Alek masuk Kalender Wisata Tahunan

oleh -662 Dilihat
Kegiatan Buru Alek yang digelar di di Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, Agam, Minggu (29/1/2023). [Foto: Isran/Kabapedia.com]

Agam, Kabaepedia.com – Bupati Kabupaten Agam, Andri Warman mendukung penuh event olahraga Buru Alek yang digelar tiga organisasi Perkumpulan Olahraga Buru Babi (Porbbi) di Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, Agam, Minggu (29/1/2023).

“Buru Alek yang kita gelar hari ini sangat meriah dan mendapatkan sambutan luar biasa dari pecinta olahraga buru babi. Karena memberi dampak positif, kita sangat mendukung Buru Alek ini jadi ajang tahunan di kalender wisata ke depan,” tegas Bupati dijumpai di lokasi usai membuka acara tersebut.

Ketua Porbbi Sumbar, Verry Mulyadi (paling kiri), Bupati Agam, Andri Warman (tengah) dan
Sekda Kota Bukittinggi, Martias Wanto (dua kanan), salam kompak saat Kegiatan Buru Alek. [Foto: Dok. Kabapedia.com]
Bupati yang akrab disapa AWR ini menambahkan, selain menjadi hobi, banyak dampak positif yang didapat dari kegiatan ini. Dampak terhadap petani yang ladangnya terjaga dari hama babi, serta juga ada dampak ekonomi yang dirasakan langsung masyarakat Agam.

“Secara ekonomi itu jelas, dari ribuan peserta yang hadir tentu menyebabkan perputaran uang yang mencapai ratusan juta rupiah, bahkan bisa miliaran,” beber dia.

Diketahui, Buru Alek di Tilatang Kamang kali ini digagas oleh tiga organisasi sekaligus, yakni Porbbi Tilatang, Porbbi Agam dan Porbbi Sumbar. Pantauan Kabapedia.com di lokasi, setidaknya kegiatan ini diramaikan lebih seribuan peserta yang datang dari 19 kabupaten/kota di Sumbar, termasuk juga ada yang datang dari sejumlah provinsi tetangga, seperti Riau, Jambi, Bengkulu, Aceh dan bahkan ada yang datang dari Jakarta.

Peserta Buru Alek menyaksikan keindahan pemandangan alam Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, Agam. [Foto: Dok. Kabapedia.com]
Ketua Porbbi Sumbar, Verry Mulyadi yang turut hadir pada kegiatan ini menjelaskan, Buru Alek merupakan ajang rutin yang digelar hampir di tiap daerah di Sumbar. Selain menjadi hobi, ajang ini jelas memberi dampak ekonomi langsung ke pada masyarakat.

Baca Juga: Bakal Ramai, Tiga Organisasi Porbbi Gelar Buru Alek di Kabupaten Agam

“Membangun Sumatra Barat ini, tidak bisa dengan satu kelompok saja. Kita harus berkolaborasi untuk membangun Sumatra Barat. Dengan kegiatan ini kita melestarikan dan membantu mendongkrak perekonomian dan memperkenalkan destinasi wisata kita kepada masyarakat luas,” jelas dia didampingi Ketua Harian Porbbi Sumbar, Niko Adrian, Kabib Hukum Porbbi Sumbar, Jayat SH dan Humas Porbbi Sumbar, Henkgki Thayang Ian

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Sekda Kota Bukittinggi, Martias Wanto. Dia mengungkapkan sangat mendukung ajang Buru Alek yang diadakan di Tilatang Kamang, dan siap berkolaborasi dengan Pemkab Agam.  [isr]

 

Simak berita Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.