Bus PO Transport Siap Libas Jalur Sumatra!! Rilis 5 Armada Baru dengan Body dan Sasis Premium

oleh -332 Dilihat
Bus baru PO Transport Express Jaya dengan body legacy SR3 dan sasis Hino RM 280 Euro 4, saat dirilis. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Taufik RS]

Padang Pariaman, Kabpaedia.com – Perusahan Otobus (PO) legendaris Pulau Sumatra yakni PO Transport Express Jaya atau Transport, baru saja merilis unit bus terbaru yang memakai sasis dan body premium.

PO bus asal Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) di bawah PT. Transport Express Jaya ini langsung merilis 5 unit armada baru sekaligus. Kabar ini ditandai dengan acara launching armada terbaru di Kantor Pusat PT. Transport Express Jaya di Kabupaten Padang Pariaman pada 7 Januari 2023 lalu.

Unit bus baru ini menggunakan balutan body terbaru dari Karoseri Laksana yakni legacy SR3 single gelas, dengan sasis terbaru dari Hino yang sudah air suspensi, yaitu RM 280.

Tampilah gagah 2 unit bus baru PO Transport Express Jaya dengan body legacy SR3 dan sasis Hino RM 280 Euro 4.[Foto: Tangkapan layar YouTube/Taufik RS]
Acara ini dihadiri banyak tamu-tamu penting, seperti bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, Direktur PT. Hino Motor sales Indonesia, Santiko Wardoyo dan Ketua Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia sekaligus owner PO Siliwangi Antar Nusa, Kurnia lestari Adnan dan masih banyak lagi.

Selain 5 bus baru ini, sebenarnya akan ada unit-unit terbaru lainnya, namun kabarnya masih berada di karoseri. Pada peluncuran tersebut, terlihat 5 unit armada bus terbaru ini menggunakan body terbaru dari karoseri Laksana generasi ketiga, yakni Legacy SR3, yang baru saja diluncurkan oleh Laksana pada Agustus Tahun 2022 lalu.

Dari kelima armada ini, terlihat 2 unit menggunakan body Legacy SR3 double glass atau kaca ganda, dan 3 unit lagi menggunakan body Legacy SR3 single gas. Dari kedua jenis tersebut banyak mata yang langsung tertuju pada bus yang tampak topi atau double glass. Unit ini sekilas kelihatan keren, apalagi kalau sudah masuk ke bagian interiornya.

Sementara itu, kita lihat sekilas yang single gelas, bus ini menggunakan body Legacy SR3 Panorama Ultimate Edition. Hal ini memiliki poin plus tersendiri, terutama bagi penumpang karena pandangan ke depan itu jauh lebih luas, sehingga bisa menikmati pemandangan selama di perjalanan.

Livery ganteng bus baru PO Transport Express Jaya dengan body legacy SR3. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Taufik RS]
Apalagi kabarnya bus ini akan diisi di rute dari Sumatera Barat ini menuju Pulau Jawa, tepatnya di Jabodetabek dan juga Bandung. Bus Legacy SR3 ini memang terlihat mewah dan juga agresif, apalagi dipadukan dengan livery PO Transport Express Jaya.

Untuk diketahui, PO Transport Express Jaya sendiri merupakan salah satu PO legendaris asal Sumatera Barat, yang telah berdiri sejak tahun 1977, didirikan Haji Nazar Zakaria dan tua Maharaja.

PO ini melebarkan sayapnya ke pulau Jawa, tepatnya di tahun 1984 dengan rute dari Sumatera Barat menuju Jakarta, dan daerah sekitarnya. PO Transport kurang lebih sudah 46 tahun memberikan pelayanan kepada penumpang bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), dengan rute menuju Jakarta – Bogor – Bandung dan daerah sekitarnya, serta melayani trayek Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), seperti di rute Padang menuju Bukittinggi – Payakumbuh – Lubuk Basung dan lain sebagainya.

Kembali ke unit bus terbaru, yang lebih uniknya lagi bus ini menggunakan sasis terbaru Hino RM2 80 Euro 4, yang diluncurkan pada bulan Maret 2022 lalu oleh Hino Motor Sales Indonesia.

Sepertinya, untuk ke depannya bakalan banyak lagi sasis Hino RM 280 ini yang melintasi jalur Pulau Sumatera. Bagaimana tidak, ini merupakan sasis bersuspensi udara yang meningkatkan stabilitas kendaraan untuk kenyamanan penumpang ketika menggelinding di aspal. Selain itu, sasis ini sudah space frame untuk desain bagasi yang tembus sisi kanan-kiri, sehingga ruang bagasi penumpang bisa lebih banyak.

Keunggulan lain, sasis Hino RM 280 ini telah menggunakan 10 baut roda sistem ISO, sehingga roda lebih kuat dalam menahan beban kendaraan. Apalagi bus lintas Sumatera terkenal dengan angkutan nya, yang super banyak. Jadi seharusnya aman.

Selain itu, Hino RM 280 yang jadi penopang body armada PO Transport ini juga sudah mengadopsi overhead control system, yaitu untuk mencegah adanya enzim sehingga mampu menjaga kestabilan suhu mesin, walaupun bus melakukan perjalanan jauh.

Bus baru PO Transport Express Jaya dengan body legacy SR3. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Taufik RS]
Masuk nih ke bagian interiornya, terlihat dashboard dengan garis warna emas yang memanjang dan dihiasi dengan ornamen kayu yang membuat tampilan dashboard Hino RM 280 ini kelihatan lebih gagah. Terlihat juga speedometer yang sudah di-upgrade jauh lebih informatif lagi.

Bergeser ke bagian kabin penumpang, sekilas terlihat nuansa mewah, lega dan juga nyaman. Pada bagian depannya, di sini terdapat sekat yang menggunakan kaca sebagai pemisah antara kabin pengemudi dengan kabin penumpang. Tujuannya agar suara yang masuk ke bagian kabin penumpang jauh lebih senyap, sehingga penumpang bisa istirahat dengan tenang. Selain itu, dapat mengurangi asap rokok yang masuk ke bagian penumpang menggunakan AC.

Sementara pada bagian pengemudi terdapat LCD monitor yang ukuran sedang di bagian kanan dan kiri, sebagai penunjang fasilitas hiburan penumpang selama perjalanan. Kabin penumpang ini terdiri dari 30 kursi merek Rimba Kencana dengan versi yang lebar. Jadi terasa lega dan juga nyaman. Konfigurasinya 2-2, 2 di kanan dan 2 di kiri.

Kabin penumoang bus baru PO Transport Express Jaya dengan body legacy SR3. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Taufik RS]
Yang menjadi keunggulan, kursinya sangat nyaman karena sudah dilengkapi dengan legres ataupun sandaran kaki. Fasilitas ini tentunya nyaman banget ketika melakukan perjalanan jauh. Selain itu, setiap kursinya sudah dilengkapi juga dengan selimut dan juga dilengkapi dengan seat belt sebagai faktor keamanan selama di perjalanan.

Baca Juga: Mengintip Bus Tronton Kelas Sultan PO Epa Star, Berbody Avante H9 Facelift Pertama di Indonesia

Untuk fasilitas lain, tiap kursinya juga sudah dilengkapi dengan USB port untuk mengisi daya smartphone kamu selama di perjalanan. Terakhir, pada bagian belakang, terdapat area smoking dan juga toilet yang bisa digunakan untuk buang air kecil saja ketika bus tengah berjalan. [isr]

No More Posts Available.

No more pages to load.