Mengintip Bus Tronton Kelas Sultan PO Epa Star, Berbody Avante H9 Facelift Pertama di Indonesia

oleh -820 Dilihat
Bus tronton kelas sultan milik PO Epa Star yang menggunakan body Avante H9 Facelift karoseri Tentrem. [Foto: ARF Bus Channel]

Jakarta, Kabapedia.com – Perusahaan Otobus (PO) Epa Star baru saja merilis bus tronton kelas sultan terbarunya, yang disebut-sebut sebagai bus berbody Avante H9 Facelift pertama di Indonesia.

Diketahui, semua varian dari avante mulai dari H7, H8 dan H9 bakalan dapatkan pembaruan tampilan menggunakan basic body dengan dimensi H9. Bus berbody avante H9 yang kita bahas kali ini adalah bus milik PO Epa Star, menjadi bus Avante H9 Facelift pertama yang rilis Karoseri Tentrem.

Tampak samping bus tronton kelas sultan milik PO Epa Star yang menggunakan body Avante H9 Facelift karoseri Tentrem. [Foto: ARF Bus Channel]
Sudah jadi unit yang pertama, lalu ditambah pakai sasis tronton pula, bus baru ini terasa semakin spesial dipadu dengan berlivery go green. Meskipun varian body Avante H9 ini mendapatkan sebuah facelift sama seperti versi h7, tapi bentuk jenong di kaca depannya tidak ikutan berubah.

Jadi bentuk kaca depan milik H9 maupun 8 masih sama persis seperti yang selama ini kita kenal, masih tetap landai dan aerodinamis, tidak berubah menjadi tegak seperti milik H7 terbaru. Jadi yang diubah hanya ada di tampilan body-bodynya saja. Baik itu body depan, samping hingga ke body belakangnya, juga susunan garis-garis bodinya.

Yang baru adalah, mulai dari desain fast ke depannya yang kini jadi lebih banyak dihiasi oleh garis-garis lekukan bodi. Meski sekilas terlihat serupa, namun jika dilihat secara detail semoga garis-garisnya ini baru dan berbeda dari model sebelumnya.

Di antara kedua lampu utamanya, juga ada garis silver tipis sebagai hiasan tambahan. Lalu bentuk lekukan di bumper depannya juga sepenuhnya berubah dan kini dihiasi oleh fog lamp yang lebih minimalis lagi. Fog lampnya sendiri menggunakan lampu LED kecil-kecil yang ditata secara memanjang dan selain sebagai lampu kabut, lampu ini juga berperan sebagai lampu sein tambahan.

Pembaruan lain ada di model selendang sampingnya, yang kini dibuat terpisah menjadi dua bagian. Jadi bagian bando atau topi kini hanya berakhir hingga di atas pintu depannya saja. Lalu di bagian bawah kaca sampingnya kini jadi ada hiasan selendang lain, yang modelnya baru.

Kalau di model Avante H7 selendang putus ini terlihat tidak terlalu nyambung karena jaraknya yang jauh, maka dari versi 9 ini selendangnya jadi terlihat lebih pas, karena ukurannya yang lebih panjang.

Bus PO Epa Star menggunakan body Avante H9 Facelift karoseri Tentrem. [Foto: ARF Bus Channel]
Secara detail model selendang baru ini juga sangat menarik, karena selain ada hiasan kromnya di selendang ini juga ada motif berbentuk diamond card, model vender rodanya juga bukan standarnya milik body avante series, karena sesuai dengan permintaan dari pihak PO Epa Star, yang menginginkan tampilan yang berbeda, maka dipasangkan vender roda milik body mix series.

Oh ya, unit Avantea H9 Facelift pertama milik PO Epa Star ini sendiri menggunakan sasis dari Volvo, namun masih yang euro 3 atau lebih tepatnya sasis Volvo berkode B11R 430 horsepower 11 A berkapasitas 11.000 cc, yang sudah dilengkapi pula dengan turbocharger dan aftercooler yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 430 hz power, dengan torsi maksimal 1970 Newton meter.

Tak hanya dibekali mesin yang sangat bertenaga, sasis ini juga sudah dibekali transmisi yang paling canggih di kelasnya, transmisi ini bernama IC yang merupakan transmisi AMT 12 percepatan rancangan pabrikan Volvo sendiri. Jadi jangan heran kalau akselerasinya sangat responsif dan perpindahan giginya juga sangat halus, hampir mirip seperti transmisi otomatis murni.

Kabarnya unit ini akan bertugas sama seperti unit tronton sebelumnya, melayani kelas Sultan dengan fasilitas kursi berkonfigurasi 1-1-1 (kiri, tengah, kanan) dari merk Rimba Kencana. Kursi individual dari Rimba Kencana ini tidak usah diragukan lagi kenyamanannya.

Interior penumpang bus tronton kelas sultan PO Epa Star dengan body Avante H9 Facelift Karoseri Tentrem. [Foto: ARF Bus Channel]
Apalagi dengan tambahan armrest jumbo di kiri dan kanannya, jarak antar kursinya juga terbilang lega dan kaki masih bisa selonjor bisa masuk ke kolom kursi di depannya, serta pastinya sandaran punggung yang bisa diatur.

Di bagian tengah kabin ada fasilitas toiletnya juga, yang letaknya bersebelahan dengan pintu akses penumpang bus tersebut. Toiletnya ada di sebelah tangga sama seperti bus berpintu tengah lain, dengan ukuran yang masih terbilang nyaman. Lalu secara tampilan interior kabinnya tidak ada banyak ubahan, kecuali di panel dinding dekat dengan pintu depannya, karena di bagian ini kini jadi ada lampu ambience yang sangat cantik.

Baca Juga: Mengenal 6 Fitur Keselamatan Canggih Sasis Bus Premium Mercedes Benz OC 500 RF

Unit Avante H9 ini juga sudah menggunakan spek yang paling tinggi di Karoseri Tentrem, karena panel-panel bodinya sudah upgrade menggunakan bahan aluminium, yang lebih awet dan pastinya ringan. [isr]

 

Simak berita Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.