Busmania Wajib Tahu!! Ini Lho 5 Ciri Khas PO Bus Pulau Sumatra

oleh -355 Dilihat
Jalur ekstrem Sitinjau Lauik, salah satu jalur dengan tingkungan tajam di Jalan Lintas Sumatra. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Tanboy Kun]

Padang, Kabapedia.com – Bagi kamu para pecinta bus atau busmania wajib tahu fakta yang satu ini. Tahukah kamu kalau Perusahaan Otobus (PO) atau bus di asal Pulau Sumatra punya ciri khas atau karakter tersendiri lho sebagai bus pejuang tangguh.

Dikatakan sebagai pejuang yang tangguh karena medan yang dilalui hampir semua bus asal Pulau Sumatra sangatlah ekstrem sekali dan dikenal juga dengan trail super jauhnya, serta bus yang selalu tampil berbeda dengan bus yang lainnya.

Nah, pada kesempatan kali ini Kabapedia.com akan membahas 5 ciri khas bus Sumatra. Jangan lupa baca hingga habis ya guys.

5. Trayek Super Jauh 

Bus Travego Editon milik PO ANS. [Foto: Tangkapan layar YouTube]
Bus Sumatra merupakan pejuang tangguh yang dikenal dengan trayek super jauhnya. Bahkan ada yang bilang sebagian besar bus Sumatra merupakan bus yang bisa membuat pantat anda gosong kaki bengkak dan lain sebagainya.

Fakta ini tentunya karena bus Sumatra dikenal dengan trayek paling jauhnya. bahkan ada yang sampai 3 hari, 5 hari, bahkan 1 minggu lebih perjalanan.

Teman-teman pasti tahu, kebanyakan bus pemegang rekor bus terjauh di Indonesia kebanyakan berasal dari Sumatra. Bus pemegang rekor terjauh ini di antaranya yaitu, bus Antar Lintas Sumatera (ALS), PMTOH, Siliwangi Antar Nusa (SAN) dan lain sebagainya.

4. Barang Bawaan yang Banyak

Bus Sumatra PMTOH yang membawa banyak barang bawaan. [Foto: Ist]
Kalau teman-teman melihat bus seperti bus ALS, PMTOH dan lain sebagainya, kebanyakan bus-bus itu membawa barang bawaan yang banyak.

Biasanya barang yang membludak tersebut disimpan di atasnya. Saking banyaknya, kebanyakan bus-bus Sumatra bahkan diberi julukan ‘si raja paket’, yang memang kerap melekat kepada bus asal Pulau Sumatra.

3. Melewati Jalur Ekstrim

Jalur ekstrem Sitinjau Lauik, salah satu jalur dengan tingkungan tajam di Jalan Lintas Sumatra. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Tanboy Kun]

Fakta penting ketiga bus Sumatra adalah karena Jalan lintas Sumatera yang terkenal dengan jalur ekstremnya, berliku-liku di atas jurang yang sangat dalam sekali. Ambil saja contohnya, tikungan esktrem Sitinjau Lauik dan juga Kelok 44 dan lain sebagainya.

Sitinjau Lauik sendiri terkenal dengan kemiringan jalannya hampir 45°, yang banyak memakan korban karena masuk jurang dan terguling. Sedangkan kelok 44 terkenal dengan tikungan tajamnya yang berjumlah 44 tikungan tajam. Kalau Anda berani ngebut berarti Anda berani pulang duluan guys.

2. Menggunakan Tameng atau Besi Pelindung Kaca Bagian Depan

Bus NPM, salah satu bus Sumatra yang menggunakan tameng pelindung kaca. [Foto: Dok. Kaskus]
Sebenarnya, tidak semua bus Sumatra menggunakan tameng ataupun besi pelindung kaca bagian depan. Sebagian besar bus Sumatra menggunakan tameng seperti misalnya PO Sempati Star, POTOH, NPM dan lain sebagainya.

Kadang kita bertanya pula, kenapa dipasangkan tameng di kaca bagian depan bus? Jawabannya karena di Jalan Lintas Sumatra banyak orang iseng yang suka melempar batu ke kaca bagian depan.

jadi kalau teman-teman melihat bus yang menggunakan tameng ke Jawa ataupun ke daerah lain, itu tidak lain dan tidak bukan adalah PO bus yang berasal dari Sumatera ya guys.

1. Kotor dan Berdebu

Kalau teman-teman pernah melihat bus Sumatera, seperti bus ALS, Sempati Star, PMTOH atau ANS, rata-rata bus itu kebanyakan kotor dan berdebu. Penyebabnya adalah karena imbas dari medan yang dilaluinya.

Tapi kalau sudah nyampai di rumah makan Gus Mus itu biasanya akan dicuci Dan ini merupakan salah satu ciri khas yang melekat di bus Sumatera sampai sekarang guys.

Baca Juga: Bus PO Transport Siap Libas Jalur Sumatra!! Rilis 5 Armada Baru dengan Body dan Sasis Premium

Nah, itulah 5 ciri khas dan fakta seputar bus asal Pulau Sumatra. Bagaimana menurut kamu? Silahkan berkomentar di media sosial Kabapedia.com pada link berita ini. [isr]

 

Simak berita Kabapedia.com di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.