Siap-siap Pindah! Ini Empat Calon Ibu Kota Baru di Sumatra

oleh -300 Dilihat
Kota Payakumbuh. [Foto: Tangkapan layar YouTube]

Sumatra, Kabapedia.com – Siap-siap pindah!! Ini dia empat calon ibu kota baru di Pulau Sumatra. Pemerintah Indonesia saat ini sedang membangun Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur. Peringatan kemerdekaan Indonesia bahkan telah dilaksanakan untuk pertama kalinya di lapangan Istana Negara IKN. Meskipun banyak dukungan, kritik juga tak sedikit bermunculan.

Baca juga:

Menariknya, bukan hanya ibu kota Indonesia yang berpindah; beberapa provinsi di Pulau Sumatra pun berencana memindahkan ibu kotanya dengan berbagai alasan. Beberapa di antaranya bahkan sudah memulai pembangunan gedung perkantoran. Berikut adalah empat provinsi di Sumatera yang berencana memindahkan ibu kotanya:

1. Aceh

Masjid Raya Baiturrahman Aceh. [Foto: Dok. andalastourism.com]
Usulan pemindahan ibu kota Aceh ke Kabupaten Aceh Tengah telah muncul sejak awal 2000-an. Ketua DPR Aceh pada saat itu adalah salah satu pengusulnya, namun wacana ini meredup hingga 2023 ketika Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh, Safrudin, mengusulkan kembali pemindahan ibu kota dari Banda Aceh ke Aceh Tengah. Kabupaten ini berada di tengah-tengah Provinsi Aceh, sehingga diharapkan pendistribusian logistik akan lebih cepat dan efisien, serta mendukung pemerataan pembangunan di seluruh Aceh. Jika disetujui, Takengon yang saat ini adalah ibu kota kabupaten, berpotensi berubah status menjadi kota otonom sekaligus ibu kota provinsi.

2. Sumatra Barat

Kota Payakumbuh. [Foto: Tangkapan layar YouTube]
Siapa yang tidak kenal Padang sebagai ibu kota provinsi di Sumatra Barat (Sumbar)? Namun, ibu kota provinsi ini sebelumnya adalah Bukittinggi dan dipindahkan ke Padang melalui PP No. 29 Tahun 1979. Kini, usulan untuk memindahkan kembali ibu kota Sumbar sering terdengar. Berbeda dengan Aceh yang berfokus pada pemerataan pembangunan, pemindahan ibu kota Sumabr lebih dikarenakan faktor keamanan, seperti ancaman gempa bumi, tsunami, banjir, dan tanah longsor. Kota Payakumbuh, yang berjarak sekitar 120 km dari Padang, dinilai sebagai lokasi yang paling aman dan potensial menjadi ibu kota baru.

No More Posts Available.

No more pages to load.