7 Kota Terdingin di Pulau Sumatra, Nomor 1 Ternyata Berlokasi di Sumbar!!

oleh -3022 Dilihat
Alahan Panjang. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Sumatra Pedia]

Padang, Kabapedia.com – Meskipun terletak di garis khatulistiwa, ternyata tidak seluruh daerah yang ada di wilayah Sumatra bersuhu panas. Sejumlah daerah atau kota di wilayah Sumatra ada juga yang bersuhu rata-rata dingin atau termasuk kota terdingin. Bahkan, nomor 1 ternyata berada di Provinsi yang dilintasi langsung garis khatulistiwa, yakni kota yang ada di wilayah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar).

Ada beberapa wilayah ataupun kota di Pulau Sumatra yang memiliki suhu yang dingin, bahkan suhunya bisa seperti musim dingin di negara empat musim. Beberapa wilayah tersebut umumnya berada di dataran tinggi. Selain itu kondisi hutan yang masih terjaga dan tertutup luas, juga mempengaruhi suhu udara di kota-kota tersebut.

Lalu di manakah ya kota-kota paling dingin di Pulau Sumatra? Nah, kali ini kita akan bahas ‘7 kota paling dingin di Pulau Sumatra.’ Kota yang kami maksud bisa berupa kota otonom ataupun Kota kecamatan ya.

7. Kota Pagar Alam

Kota Pagar Alam. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Sumatra Pedia]
 

Kota yang berjarak sekira 290 Km dari kota Palembang ini memiliki udara yang cukup sejuk, bahkan dingin bagi kita yang terbiasa hidup di kota-kota bersuhu panas. Di sekitar Kota Pagaralam juga banyak terdapat perkebunan teh, tanaman khas pegunungan berhawa sejuk.

Dari data wireles.com, suhu rata-rata di kota ini ialah 22 derajat Celcius dan bahkan pada bulan-bulan tertentu bisa mencapai 17 derajat Celcius. Suhu rata-rata tertinggi di kota ini berkisar antara 18 hingga 28 derajat Celcius. Dan suhu rata-rata terendah ialah antara 17 hingga 27 derajat Celcius.

Biasanya suhu di bulan April merupakan yang paling panas, yang bisa mencapai 28 derajat Celcius. Sedangkan pada bulan Juli hingga Januari biasanya suhu udara di kota ini cenderung sejuk hingga dingin, bahkan bisa mencapai 17 derajat Celcius.

Baca Juga: 5 Provinsi dengan Ekonomi Terbesar di Sumatra, Cek Daftarnya!

Keberadaan Gunung Dempo sebagai gunung tertinggi di Sumatra Selatan juga mempengaruhi suhu udara di kota ini, karena Kota Pagar Alam sendiri berada di kaki Gunung Dempo.

 

Baca berita lainnya Kabapedia.com di Google News 

No More Posts Available.

No more pages to load.