Mentor Bisnis Ini Bantu 6 Perusahaan Raih Rp160 Miliar: Inilah Rahasianya

oleh -314 Dilihat
Leonard Hartono mempresentasikan salah satu rumus untuk membantu 6 perusahaan mendapatkan Rp16 miliar hanya dalam 3 bulan. [Foto: Dok. YouTube]

Jakarta, Kabapedia.com – Dalam tiga bulan terakhir, Leonard Hartono, seorang mentor bisnis berhasil membantu enam perusahaan memperoleh pendanaan sebesar Rp160 miliar. Berikut adalah kisah di balik pencapaian tersebut.

Baca juga:

“Saya dua kali diundang oleh tim Bong Chandra untuk mengisi acara Fundraising Academy. Dalam acara ini, saya memberikan mentoring intensif selama tiga hari kepada sekitar 40 founder dan petinggi perusahaan dari berbagai industri. Ini bukan sesi untuk menjual kelas karena saya tidak lagi menyediakan sesi tersebut. Sesi mentoring berlangsung penuh dari Jumat hingga Minggu, dari pagi hingga malam,” beber Leonard Hartono dilansir Kabapedia.com dari video YouTube terbarunya, Selasa (4/6/2024).

Founder dari spacestock.com ini menjelaskan, pada Fundraising Academy, kurikulum yang dia desain terdiri dari tiga bagian utama: teori, praktik pembuatan pitch deck lengkap dengan proyeksi keuangan, serta latihan pitching bersamanya. Sesi terakhir adalah live pitch di hadapan panelis yang terdiri dari Bong dari Trinity, Melvin dari Northstar, dan Vincent, founder Astro yang berhasil mengumpulkan pendanaan hingga 50 juta dolar atau lebih dari Rp1,5 triliun. Panelis ini dipilih untuk memberikan perspektif dari berbagai spektrum industri.

“Menurut saya, setiap sekolah bisnis harus menyelenggarakan kurikulum fundraising. Skill fundraising adalah yang mengubah hidup saya. Dulu, saya belajar dari trial and error, menabrak sana-sini tanpa bimbingan. Pengusaha sukses yang memiliki pengalaman mendapatkan pendanaan besar dan merekrut ratusan karyawan atau pernah menjadi investor, biasanya malas mengajarkan ini. Alasannya adalah bayaran yang mungkin tidak sepadan dengan pengalaman dan waktu yang mereka investasikan,” ujar dia.

Leonard merasa bangga bisa membantu enam perusahaan mendapatkan Rp160 miliar dalam dua sesi. Industri yang mereka geluti beragam, mulai dari klinik kecantikan, gym, hingga perusahaan limbah. Salah satu contoh inspiratif adalah Ronald, founder Will Fitness. Dia memulai karir sebagai tukang bangunan, bekerja keras hingga mendirikan cabang gym pertama yang dia cat sendiri.

Meski tidak lulus S1, keinginannya untuk belajar sangat tinggi, bahkan melebihi banyak tim saya yang berlatar belakang startup, banking, dan consulting. Setelah sesi mentoring, Will Fitness mendapatkan penawaran pendanaan antara Rp40 hingga Rp60 miliar dari berbagai investor.

“Kunci sukses fundraising saya bagi menjadi empat: memahami bahasa investor dan keuangan, cara presentasi yang tepat, networking dengan investor, dan menjadi founder yang memiliki bisnis yang baik. Salah satu konsep dasar dalam keuangan yang saya ajarkan adalah Internal Rate of Return (IRR). IRR adalah metrik terbaik untuk menilai apakah sebuah investasi sukses atau tidak, karena mempertimbangkan nilai waktu dari uang,” ujar dia.

Contoh sederhananya, jika kita investasi Rp100 juta dengan kupon 10% per tahun selama empat tahun, maka IRR-nya adalah 10%. Namun, jika ada investasi yang memberikan return 40% dalam satu tahun, IRR-nya adalah 40%. Jelas lebih baik investasi yang memberikan return lebih cepat. Ini adalah konsep nilai waktu dari uang yang penting dalam keuangan.

Menghitung IRR menjadi mudah dengan bantuan Google Sheets. Misalnya, jika kita menginvestasikan Rp100 juta dan mendapat Rp30 juta setiap tahun selama empat tahun, IRR-nya bisa dihitung menggunakan formula di Google Sheets, hasilnya sekitar 47,23%.

Skill ini bisa diterapkan untuk bisnis fundraising dan investasi pribadi. Bagi teman-teman yang membeli buku pre-launching Business 101, saya akan memberikan beberapa modul dari Fundraising Academy dan menceritakan secara detail bagaimana saya mendapatkan Rp20 miliar pertama.

“Harapannya, skill ini bisa mengubah hidup kalian seperti halnya mengubah hidup saya,” tutupnya.

Baca juga:

Diketahui, Leonard Hartono adalah founder dari spacestock.com. Spacestock merupakan fitur realitas virtualnya memungkinkan pengguna menjelajahi properti secara online sebelum memilihnya untuk kunjungan lapangan. Hartono telah mengumpulkan dana jutaan dolar dari investor seperti Alpha JWC. [isr]

 

Ikuti Kabapedia.com di Google News dan berita lainnya Kabapedia Network di KabaPadang

No More Posts Available.

No more pages to load.