Sejarah Bus Gumarang Jaya, dari Chevrolet C50 hingga Mercedes Benz

oleh -659 Dilihat
Armada bus legendaris Sumatra, PO Gumarang Jaya menaiki rakit menyebangi sungai sekitar tahun 1950-an. [Foto: Tangkapan layar YouTube]

Padang, Kabapedia.com – Eksistensi Perusahaan Otobus (PO) yang satu ini memiliki sejarah panjang di Indonesia. Adalah Bus Gumarang Jaya, salah satu PO yang melayani rute antar kota dan antar provinsi di Pulau Sumatera hingga ke Pulau Jawa.

PO Gumarang Jaya didirikan pada tahun 1973 oleh H. Alizar Datuk Bagindo di Kota Bandar Lampung. Menurut sejarah, nama Gumarang Jaya berasal dari nama kereta api, yang beroperasi di Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) pada masa penjajahan Belanda.

Ada juga versi lain, kalau nama Gumarang sendiri dikenal sebagai “Kuda Raja” zaman Kerajaaan Pagaruyung. Kedua versi ini tidak terlepas dari asal usul sang pendiri, H. Alizar Datuk Bagindo yang merupakan perantau Minang.

Bus Gumarang Jaya memiliki sejarah yang panjang dan menarik. Di masa awal merintis, bus ini mengandalkan mobil Chevrolet C50 untuk mengangkut penumpang dari Lampung ke Bukittinggi dan sebaliknya, dengan waktu tempuh 5-6 hari.

Saat itu PO Gumarang Jaya juga harus melewati beberapa sungai dengan menggunakan rakit atau perahu. Selama perjalanan, bus ini juga sering menghadapi tantangan seperti banjir, longsor, jalan rusak, dan bahkan perampokan yang memang sangat marak di masa itu.

Namun dengan semangat dan kerja keras, bus Gumarang Jaya terus berkembang dan meningkatkan pelayanan. Bus ini mulai menggunakan armada Mercedes-Benz OH 1526 pada tahun 1984, dan menjadi salah satu pelopor penggunaan armada dari Karoseri Adiputro pada tahun 2000-an.

Hingga kini, bus ini juga terus memperluas rute dan jaringannya hingga menjadi salah satu PO terbesar di Pulau Sumatra karena memiliki armada bus yang berkualitas dan perawatan yang rutin. Bus ini juga memiliki fasilitas seperti AC, TV, toilet, dan kursi reclining.

Saat ini bus Gumarang Jaya melayani rute dari Lampung ke berbagai kota di Sumatra seperti Palembang, Bengkulu, Padang, Pekanbaru, Medan, dan Aceh.

Baca Juga: Marcopolo G8, Bus Canggih Karoseri Brazil Pemegang Rekor Desain Terkeren!!

Soal armada, terbaru PO Gumarang Jaya baru saja meluncurkan 10 unit bus baru pada bulan Januari 2023 dengan body Legacy SR3 Panorama Ultimate dan sasis Mercedes Benz OH 1626 Air suspension. [isr]

 

aca berita lainnya Kabapedia.com di Google News 

No More Posts Available.

No more pages to load.